Ahad 03 Dec 2023 09:48 WIB

BMKG Ingatkan Warga Lebak Bahaya Hujan Angin dan Gelombang Pasang Hampir 3 Meter

Peringatan kewaspadaan dini cuaca buruk di Lebak mulai berlaku 3 Desember 2023

Gumpalan awan menyelimuti permukiman di Citorek, Lebak, Banten. Peringatan kewaspadaan dini cuaca buruk di Lebak mulai berlaku 3 Desember 2023
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Gumpalan awan menyelimuti permukiman di Citorek, Lebak, Banten. Peringatan kewaspadaan dini cuaca buruk di Lebak mulai berlaku 3 Desember 2023

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Kabupaten Lebak bagian utara dan selatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat.

"," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tatang saat dihubungi di Lebak, Ahad (3/12/2023)

Masyarakat Kabupaten Lebak tentu harus meningkatkan kewaspadaan dan siaga atas adanya peringatan dini guna mengurangi risiko kebencanaan. Peluang hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi pada sore hari.

"Selain itu, tinggi gelombang di Perairan Selatan Banten atau Samudra Hindia Selatan Banten berkisar antara 1.25 meter sampai 2.50 meter, sehingga pelaku pelayaran, wisatawan dan warga agar meningkatkan kewaspadaan guna menghindari kecelakaan laut," katanya.

 

Ia mengatakan pagi dan siang hari cuaca Kabupaten Lebak cerah berawan dan hujan intensitas sedang di Kecamatan Rangkasbitung, Maja, Curugbitung, Lebakgedong, Sobang, Cibeber, dan Cigemblong. Sedangkan hujan intensitas ringan di Kecamatan Cimarga, Cileles, Leuwidamar, Gunungkencana, serta Cirinten.

Pada malam hari berawan dan hujan intensitas ringan di Kecamatan Cibeber, Sobang, Lebakgedong, dan Cipanas, sedangkan dini hari berawan. Suhu udara antara 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembapan udara 65 – 95 persen.

Sementara angin bergerak dari arah utara hingga tenggara dengan kecepatan 05 – 25 km/jam.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement