Sabtu 02 Dec 2023 19:01 WIB

Banjir Bandang Sumut, Satu Warga Meninggal, 11 Orang Dalam Pencarian

Banjir bandang juga mengakibatkan sebanyak 14 rumah warga mengalami rusak berat.

Lokasi banjir bandang dan longsong yang terjadi di kawasan pemukiman di Desa Simangulampe Kabupaten Humbang Husundutan (Humbahas), Sumatra Utara, pada Jumat (1/12/2023) malam.
Foto: ANTARA/HO-Dok Basarnas Medan
Lokasi banjir bandang dan longsong yang terjadi di kawasan pemukiman di Desa Simangulampe Kabupaten Humbang Husundutan (Humbahas), Sumatra Utara, pada Jumat (1/12/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Bupati Kabupaten Humbang Husundutan Dosmar Banjarnahor mengatakan, satu warga ditemukan meninggal akibat banjir bandang dan longsor yang menerjang kawasan pemukiman di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara (Sumut) pada Jumat malam (1/12/2023). Sedangkan 11 orang lainnya masih dalam pencarian.

Selain itu, banjir bandang juga mengakibatkan sebanyak 14 rumah warga mengalami rusak berat. "Bencana alam di Desa Simangulampe menyebabkan 14 rumah rusak berat dan 11 korban masih belum ditemukan serta satu orang ditemukan meninggal dunia," ujar Dosmar saat dihubungi di Medan, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga

Dosmar menjelaskan banjir bandang dan longsor yang terjadi pada Jumat (1/12/2023) sekitar 21.30 WIB. Peristiwa ini diduga dipicu curah hujan tinggi dengan intensitas tinggi itu mengakibatkan puluhan rumah mengalami kerusakan dan infrastruktur lainnya.

"Upaya keras masih dikerjakan untuk pencarian korban dengan sejumlah alat berat yang terdiri dari excavator ada dua unit, loader satu unit dan backhoe loader satu unit," kata dia.

 

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemangku kebijakan terkait untuk memastikan serta menyiapkan sejumlah bantuan yang dibutuhkan masyarakat. "Sekitar 100 personel polisi dan 90 personel TNI dan dan seluruh pemangku kebijakan terkait berada di lokasi untuk membantu para korban," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Medan menyatakan satu dari 12 orang yang hilang dalam bencana banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe Kabupaten Humbang Husundutan, Jumat malam, ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, Sabtu.

Hubungan Masyarakat Basarnas Kota Medan, Sariman Sitorus, di Medan, Sabtu, mengatakan tim SAR gabungan berhasil menemukan salah satu korban banjir bandang dan longsor yang berjarak dari 500 meter dari lokasi kejadian

"Pukul 11.25 WIB, tim gabungan menemukan salah seorang korban atas nama Boru Lubis dalam keadaan meninggal dunia di Danau berjarak sekitar 500 meter dari lokasi banjir bandang," ujar Sariman.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement