Jumat 01 Dec 2023 20:40 WIB

Pemkab Tangerang Kebut Bangun Sarana Pendukung Kapal Hibah Coldplay

Pemkab Tangerang mengebut pembangunan sarana prasanan pendukung kapal hibah Coldplay.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Kapal penyedot sampah yang dihibahkan Coldplay. Pemkab Tangerang mengebut pembangunan sarana prasanan pendukung kapal hibah Coldplay.
Foto: Dok. Instagram/theoceancleanup
Kapal penyedot sampah yang dihibahkan Coldplay. Pemkab Tangerang mengebut pembangunan sarana prasanan pendukung kapal hibah Coldplay.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan, pihaknya tengah mengebut pembangunan sarana dan prasarana pendukung operasional kapal Neon Moon II. Kapal hibah dari band asal Inggris Coldplay ini akan beroperasi Januari 2024.

"Kami sedang percepat pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya, juga melatih petugas untuk pengoperasian kapal," kata Fachrul, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga

Menurut Fachrul, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan membangun dermaga hanggar sebagai lokasi pemilahan dan pengolahan sampah, juga kantor sekretariat serta pos satpam.

Selain itu, disiapkan juga alat berat dan perahu boat sebagai fasilitas pendukung Neon Moon II. Tak hanya itu, dia menyebutkan sebanyak 12 orang akan dilatih untuk mengelola dan merawat kapal berkapasitas enam ton sampah plastik ini.

Fachrul menjelaskan nantinya sampah dari Sungai Cisadane diangkut menggunakan kapal ini, lalu dibawa ke tempat penampungan sampah untuk diolah kembali.

Sampah organik akan dipisahkan dan diolah dengan maggot yang sebelumnya dicacah. Pengolahan sampah tersebut akan menghasilkan kompos dan maggot menjadi pakan ikan.

"Sementara itu, sampah anorganik akan dipisahkan," ujarnya.

Sementara itu sampah yang masih bernilai akan dijual KSM untuk operasional. Untuk sampah bernilai rendah atau low value akan diolah menjadi barang bermanfaat.  

Sebelumnya, The Ocean Cleanup dan band asal Inggris Coldplay yang memberi bantuan Kapal Neon Moon II untuk bersihkan sampah plastik di Sungai Cisadane, Tangerang, Banten ditargetkan akan beroperasi Januari 2024. Saat ini sumber daya manusia sedang disiapkan untuk pengoperasian kapal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan, saat ini sedang memberikan trainning kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II.

"Saat ini kami sudah menyiapkan 12 orang tenaga pekerja untuk ditraning mengoperasiannya dan Januari 2024 diharapkan kami operasikan secara menyeluruh," ujarnya, Senin (27/11/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement