Senin 27 Nov 2023 22:07 WIB

Kapal Sampah Hibah Coldplay Mulai Beroperasi Januari Nanti

DLH Pemkab Tangerang sebut kapal penyedot sampah hibah Coldplay beroperasi Januari.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Kapal penyedot sampah yang dihibahkan Coldplay. DLH Pemkab Tangerang sebut kapal penyedot sampah hibah Coldplay beroperasi Januari.
Foto: Dok. Instagram/theoceancleanup
Kapal penyedot sampah yang dihibahkan Coldplay. DLH Pemkab Tangerang sebut kapal penyedot sampah hibah Coldplay beroperasi Januari.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- The Ocean Cleanup dan band asal Inggris Coldplay yang memberi bantuan Kapal Neon Moon II untuk bersihkan sampah plastik di Sungai Cisadane, Tangerang, Banten ditargetkan akan beroperasi Januari 2024. Saat ini sumber daya manusia sedang disiapkan untuk pengoperasian kapal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan, saat ini sedang memberikan trainning kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II.

Baca Juga

"Saat ini kami sudah menyiapkan 12 orang tenaga pekerja untuk ditraning mengoperasiannya dan Januari 2024 diharapkan kami operasikan secara menyeluruh," ujar Fachrul, Senin (27/11/2023).

Dia menambahkan setelah beroperasi nanti kapal sampah tersebut akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane. Selanjutnya sampah yang didapat akan dibawa ke tempat pembuangan sampah (TPS) dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipakai kembali oleh masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Muhammad Moch. Maesyal Rasyid menambahkan, upaya penanganan sampah khususnya sampah di Sungai Cisadane merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya Kabupaten Tangerang. Melainkan juga seluruh wilayah yang dilintasi Sungai Cisadane seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor yang hilirnya di Utara Kabupaten Tangerang.

"Upaya penangan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Kita semua berharap dengan hadirnya Kapal Neon Moon II ini untuk upaya penanganan sampah terlebih sampai plastik di sungai menjadi lebih baik lagi," katanya.

Ia melanjutkan Kapal Neon Moon II, pembersih sampah Sungai Cisadane nantinya saat dioperasikan dapat menampung kurang lebih  6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane yang selanjutnya dibawa ke penampungan sampah dan diolah kembali.

"Kapal Neon Moon ini saat dioperasikan dapat menampung 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane dan selanjutnya dibawa ke penampungan sampah untuk diolah kembali," katanya.

Lebih lanjut dia juga mengucapkan terima kasih kepada Coldplay dan Ocean Cleanup Amsterdam Belanda atas bantuan kapal pembersih sampah untuk Pemerintah Kabupaten Tangerang yang saat ini sudah berlabuh di Tanjung Burung Kabupaten Tangerang.

"Terima kasih kepada Coldplay dan The Ocean Cleanup Amsterdam, semoga kapal ini segera dapat kita operasikan untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang terbawa aliran aliran Sungai Cisadane dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepwntingan bersama nantinya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement