Kamis 23 Nov 2023 06:01 WIB

Resmi Jadi Tersangka, Ini Profil Firli Bahuri

Polda Metro Jaya resmi menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua KPK Firli Bahuri. Polda Metro Jaya resmi menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka.
Foto:

Dua tahun berselang, tepatnya pada 2009, Firli kembali ke Polda Metro Jaya sebagai Wakapolres Metro Jakarta Pusat. Setelah itu, dia dipercaya menjadi Asisten Sespri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2010.

Satu tahun kemudian, Firli ditunjuk menjadi Direktur Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jawa Tengah. Pada 2012, dia kembali mendapatkan tugas penting, yakni sebagai ajudan Wakil Presiden RI yang saat itu dijabat oleh Boediono. 

Selanjutnya, pada 2014, Firli ditugaskan menjadi Wakapolda Banten. Karirnya di tubuh Korps Bhayangkara semakin bersinar. 

Pada 2016, dia berhasil pecah bintang dengan berpangkat jenderal bintang satu atau brigjen. Saat itu, ia menduduki jabatan sebagai Karodalops Sops Polri. Di tahun yang sama, Firli ditugaskan sebagai Wakapolda Jawa Tengah.

Satu tahun berselang, Firli mendapatkan promosi sebagai Kapolda NTB. Kemudian, pada 2018, dia ditugaskan di KPK dalam jabatan sebagai Deputi Penindakan.

Pada 2019, Firli ditarik kembali ke Polri lantaran mendapatkan promosi jabatan sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Saat itu, dia juga sekaligus mendapatkan kenaikan pangkat menjadi inspektur jenderal (irjen) atau jenderal bintang dua.

Memasuki masa pensiun, Firli dipindahkan ke Mabes Polri dengan jabatan sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) pada November 2019. Dalam jabatan barunya itu, dia resmi menyandang komisaris jenderal (komjen) atau jenderal bintang tiga di pundaknya.

Tak berselang lama, Firli terpilih hingga akhirnya dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua KPK pada Desember 2019. Dia menggantikan Agus Rahardjo yang saat itu mengundurkan diri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement