Ahad 19 Nov 2023 12:10 WIB

Kunker ke Alasmalang Banyuwangi, Menkominfo Tinjau Kesiapan penyiaran Digitial

Menkominfo lakukan kunjur di Alasmalang Banyuwangi

Menkominfo Budi Ari Setiadi berdialog dengan Dirut TVRI Iman Brotoseno saat meninjau stasiun pemancar di Banyuwangi.
Foto: Dok Istimewa
Menkominfo Budi Ari Setiadi berdialog dengan Dirut TVRI Iman Brotoseno saat meninjau stasiun pemancar di Banyuwangi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI—Menteri komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, manyampaikan cakupan siaran TVRI telah menjangkau 70,18 persen populasi penduduk Indonesia.   

Hal ini dia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau langsung progres penyiaran digital, utamanya dalam aspek infrastuktur transmisi di Banyuwangi, Jumat (17/11/2023).  

Baca Juga

Dalam kunker di satuan transmisi Alasmalang Banyuwangi itu, Budi juga memastikan kesiapan TVRI dalam menyiarkan rangkaian kegiatan Pemilu 2024. Hal tersebut mengingat masih adanya blank spot di wilayah Banyuwangi. 

Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa dengan adanya pemancar digital di Banyuwangi semakin mengurangi daerah blank spot yang ada saat ini. 

Hadir mendampingi kegiatan Kunker tersebut selain jajaran Kemenkominfo RI dan Direktur Utama LPP TVRI serta Bupati Banyuwangi, Ipuk Festyandani. 

Ipuk menambahkan bahwa dengan kehadiran Menteri Komunikasi dan Informatika RI ke Banyuwangi ini dapat mengakselerasi pemerataan penyiaran digital di Kabupaten yang berada di Ujung Timur Pulau Jawa ini.

Sementara itu Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno, mengatakan pemancar digital satuan transmisi Alasmalang Banyuwangi merupakan 1 dari 17 satuan transmisi digital baru yang telah difungsikan sejak Mei 2023. 

Dengan difungsikannya pemancar digital ini, kini TVRI memiliki 172 satuan transmisi digital yang beroperasi di seluruh Indonesia atau sekitar 40 persen dari total transmisi digital yang ada di Indonesia. Melalui capaian ini pula TVRI kini telah berhasil menjangkau 70,18 persen dari populasi penduduk Indonesia. 

Satuan transmisi digital Alasmalang ini memiliki daya pancar 500 Watt, sehingga dengan kekuatan tersebut pemancar ini dapat mengcover tidak hanya wilayah Banyuwangi tetapi juga sekitarnya. 

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

Transmisi yang pertama kalinya dibangun pada 1982 ini kini berada di wilayah layanan Jawa Timur 6.Transmisi digital Alasmalang juga merupakan satu dari 13 pemancar TVRI Stasiun Jawa Timur. 

Saat ini dari total 13 pemancar tersebut, baru 8 yang digital, salah satunya transmisi Alasmalang. 

Selain meninjau satuan transmisi Alasmalang, MenKominfo RI juga membagikan Set Top Box atau STB untuk masyarakat sekitar. Dengan adanya penyerahan tersebut diharapkan dapat mempercepat digitalisasi penyiaran ke seluruh wilayah Indonesia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement