Jumat 17 Nov 2023 17:15 WIB

Polisi Terlibat Baku Tembak Saat Bekuk Komplotan Perampok BRI Link

Komplotan pelaku disebut menabrak salah satu anggota polisi saat dihadang.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus raharjo
Komplotan perampok konter BRI Link di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, dibekuk polisi, Jumat (17/11/2023).
Foto: Dok Polda Lampung
Komplotan perampok konter BRI Link di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, dibekuk polisi, Jumat (17/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Komplotan perampok konter BRI Link di Pesisir Barat, Lampung dibekuk polisi di tempat persembunyiannya di Desa Wates, Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jumat (17/11/2023). Penggerebkan empat orang perampok spesialis BRI Link yang beraksi pada 9 November 2023 lalu berujung baku tembak.

Kepala Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Lampung Kompol Ali Muhaidori mengatakan, empat anggota komplotan perampok BRI Link di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung tersebut seusai menabrak anggota polisi. Video perampokan BRI Link tersebut sempat viral di medsos pada 9 November 2023.

Baca Juga

Empat pelaku spesialis konter BRI Link tersebut berinisial D, A, M, dan R. "Tadi Shubuh petugas melakukan tindakan tegas menangkap para pelaku (perampokan BRI Link)," kata Kompol Ali Muhaidori dalam keterangan persnya, Jumat (17/11/2023).

Menurut dia, saat terjadi perampokan di Pesisir Barat, komplotan penjahat tersebut sempat dihadang polisi, namun pelaku menabrak anggota polisi, dan sempat melindas polisi.

Petugas telah mengetahui keberadaan komplotan pelaku yang sempat kabur dan masuk DPO. Berdasarkan informasi yang diterima polisi, tempat persembunyian para pelaku tersebut diketahui. Petugas mulai melakukan pengintaian keberadaan para pelaku di Desa Negara Ratu, Wates, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran.

Ali Muhaidori mengatakan, para pelaku bersembunyi di sebuah gubuk yang berada di pinggiran irigasi sawah penduduk setempat. Saat digerebek petugas tim gabungan Jatanras Polda Lampung dan Reskrim Polres Pesisir Barat baku tembak dengan para pelaku.

"Tim penyergap mendapat perlawanan aktif dari pelaku yang menggunakan senjata api. Sehingga terjadi baku tembak," kata Ali.

Namun, saat para pelaku tidak kooperatif, petugas melakukan tindakan tegas dengan melepaskan tembakan yang melumpuhkan tindakan para pelaku. Keempat pelaku berhasil digerebek dalam kondisi tidak bisa berjalan dan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, Jl Pramuka, Bandar Lampung.

Saat kejadian perampokan, komplotan pelaku setelah menabrak anggota polisi, mereka kabur masuk hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan atau TNBBS wilayah Lampung. Para pelaku saat beraksi menggunakan mobil Honda Brio warna merah dengan pelat nomor BE 1384 AD. Kejadian tersebut sempat direkam warga setempat dan viral di medsos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement