Jumat 17 Nov 2023 17:10 WIB

Lewat CreaBesT UNM, Siswa SMA Jadi Tahu Cara Buat Podcast Menarik dan Berkualitas

Agar menarik harus fokus pada audience yang menjadi target dari podcast.

CreaBest UNM mengajak peserta untuk belajar membuat podcast.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
CreaBest UNM mengajak peserta untuk belajar membuat podcast.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- CreaBesT (Creative Business & Talent) yang bertajuk "Gen Z Content Sparks: Creator's Best" buah kolaborasi antara Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan startup Mandiri Digital Universe (MDU) atau Lab Next-One berhasil mengajak siswa/i SMA/SMK/MA sederajat untuk belajar membuat podcast. 

Acara CreaBesT yang berlangsung selama tiga hari di Universitas Nusa Mandiri kampus Margonda, sejak 31 Oktober hingga 2 November 2023 berhasil menarik minat siswa/i sebagai peserta dalam hal membuat podcast yang menarik dan berkualitas. Hadir sebagai narasumber pada event ini, Hamdun Sulaeman seorang Content Creator.

Baca Juga

Hamdun Sulaeman dalam materinya menjelaskan bagaimana membuat podcast yang menarik dan berkualitas. “Dalam membuat podcast yang menarik, kita perlu mengenali target audience yang akan mendengar dan melihat podcast yang dibuat, agar menjadi menarik maka kita perlu menentukan tema yang akan dibahas atau diangkat sebagai materi podcast,” ujarnya.

Ada banyak tema yang bisa diangkat dalam podcast, terangnya, akan tetapi kita harus fokus kembali pada audience yang menjadi target dari podcast kita. “Untuk mengetahui tema apa yang sedang menjadi trend, kita bisa melakukan sebuah riset, mencari tahu tentang issue apa yang sedang banyak diperbincangkan oleh target kita,” ujarnya.

Selain materi yang disampaikan, Hamdun sebagai narasumber juga mengajak peserta untuk praktek langsung dalam membuat podcast. Beberapa siswa ditunjuk untuk menjadi host juga belajar sebagai narasumber. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement