Senin 13 Nov 2023 20:04 WIB

Masuki Musim Hujan, Ini Daftar Wilayah Rawan Bencana di Malang

Jenis bencana hidrometeorologi, di antaranya hujan ekstrem dan angin kencang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah wilayah di Kabupaten Malang mengalami banjir, Senin (17/10/2022). Banjir terjadi karena hujan berintensitas tinggi dan pasang laut.
Foto: Istimewa
Sejumlah wilayah di Kabupaten Malang mengalami banjir, Senin (17/10/2022). Banjir terjadi karena hujan berintensitas tinggi dan pasang laut.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Musim penghujan sudah mulai memasuki sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim). Hal ini termasuk di area Kabupaten Malang yang dalam beberapa waktu terakhir mulai sering diguyur hujan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan menjelaskan hidrometeorologi pada dasarnya merupakan fenomena bencana alam yang terjadi di atmosfer, air dan lautan. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya nyawa, cedera, kerusakan harta benda dan lainnya.

Baca Juga

Adapun jenis-jenis bencana hidrometeorologi terdiri atas hujan ekstrem, angin kencang, dan puting beliung. "Lalu banjir, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan," katanya saat dikonfirmasi Republika, Senin (13/11/2023).

BPBD Kabupaten Malang sendiri telah memetakan sejumlah wilayah yang rawan mengalami bencana hidrometeorologi. Hal ini terutama untuk area rawan bencana banjir, longsor dan angin puting beliung. Pemetaan ini ditentukan berdasarkan riwayat kejadian di waktu-waktu sebelumnya.

 

Adapun wilayah yang rawan terkena banjir atau banjir bandang di Kabupaten Malang antara lain Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang, Kecamatan Kasembon, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Dau, Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang. Ada pula Kecamatan Pakis, Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Dampit dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. "Lalu Kecamatan Gedangan, Kecamatan Kalipare dan Kecamatan Wagir," jelasnya.

Sementara itu, wilayah yang rawan terkena longsor, yakni Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang, Kecamatan Kasembon, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Dau, Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang. Kemudian Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Tumpang, Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Dampit dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Selain itu, juga terdapat Kecamatan Wagir, Kecamatan Kromengan, Kecamatan Ngajum dan Kecamatan Wonosari.

Selanjutnya, daerah yang termasuk rawan angin kencang atau puting beliung di Kabupaten Malang, yaitu Kecamatan Karangploso, Kecamatan Dau, Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang. Lalu Kecamatan Pakis, Kecamatan Jabung, Kecamatan Tajinan, Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Bululawang, Kecamatan Gondanglegi, Kecamatan Sumberpucung dan Kecamatan Kepanjen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement