Senin 13 Nov 2023 19:39 WIB

134 Perwakilan Sekolah Didatangkan dalam Forum Komunikasi Sekolah Binaan 2023

FKSB ini memberikan wadah bagi para kepala sekolah dan guru binaan untuk berbagi.

134 Perwakilan Sekolah Didatangkan dalam Forum Komunikasi Sekolah Binaan 2023
Foto: Dok Republika
134 Perwakilan Sekolah Didatangkan dalam Forum Komunikasi Sekolah Binaan 2023

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan acara tahunan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) di Kota Pahlawan, Surabaya. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyatukan visi dan misi setiap sekolah binaan sekaligus mengapresiasi pencapaian sekolah-sekolah terbaik yang berlangsung selama 3 hari, sejak 10 November - 12 November 2023 dan diikuti oleh 134 peserta, yang terdiri dari 122 Kepala Sekolah, 9 Guru Inspiratif, dan 3 Pengawas Sekolah Inspiratif.

Baca Juga

Acara Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) ke-10 ini bertema “Bergerak Pantang Menyerah Untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia”.

Tema tersebut sejalan dengan Pilar Astra Untuk Indonesia Cerdas, yakni untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa. 

 

FKSB ini memberikan wadah bagi para kepala sekolah dan guru binaan untuk berbagi informasi, saling belajar antara satu dengan yang lain, meningkatkan wawasan, dan terus saling memotivasi.

“Menjadi guru adalah pekerjaan yang paling mulia, tapi hambatannya luar biasa. Melalui kegiatan ini, kami berharap  Bapak dan Ibu dapat bersama-sama menjadi agen perubahan guna memperjuangkan kualitas pendidikan Indonesia,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim terkait pemilihan tema untuk FKSB tahun ini.

Dalam acara ini setiap perwakilan daerah turut serta dalam pengukuhan komitmen dalam rangka mengakselerasikan perkembangan sistem pendidikan di daerah masing-masing dalam waktu satu tahun ke depan. Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan kolaboratif antara para peserta untuk membangun sinergi yang seirama dengan tema "Pantang Menyerah.” 

Pada kesempatan ini, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Drs. H. Alimuddin, M.Si. dan para kepala sekolah berbagi pengalaman mereka sebagai praktisi di dunia pendidikan yang mereka terapkan di lingkungan masing-masing. Sesi yang disebut "Best Practices" ini menjadi pembekalan bagi para peserta dalam mengimplementasi komitmen mereka mulai tahun depan.

Melalui FKSB, YPA-MDR memberikan penghargaan kepada sejumlah sekolah dengan predikat Sekolah Unggul, Gerakan Penghijauan Indonesia, Pekan Inovasi Guru, Kepala Sekolah Inspiratif, Guru Inspiratif, Sekolah Terbaik, dan lain-lain. 

Wisuda Sekolah Independen, yang merupakan pendeklarasian sekolah binaan yang dianggap sudah layak untuk beroperasi secara mandiri menjadi penutup rangkaian acara FKSB pada Ahad (12/11/2023).

Melalui kegiatan ini, YPA-MDR menjalin hubungan antara sekolah binaan sekaligus memimpin para peserta untuk menjadi agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan negara sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) secara khusus didirikan oleh PT Astra International Tbk adalah yayasan yang melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di bidang pendidikan di daerah tertinggal.    

YPA-MDR melaksanakan tahapan pembinaan 5 Tahun yang terdiri dari Empat Pilar, yaitu Karakter, Akademik, Kecakapan Hidup, dan Seni Budaya untuk diterapkan dalam Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran intrakurikuler yang beragam yang berupa pelatihan serta pendampingan intensif. 

 

. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement