Ahad 12 Nov 2023 09:51 WIB

KSP Pastikan Pembangunan Tetap Berjalan Siapapun Presidennya

KSP memastikan pembangunan tetap berjalan siapapun yang akan menjadi presidennya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Penyelenggaraan pemilu (Ilustrasi). KSP memastikan pembangunan tetap berjalan siapapun yang akan menjadi presidennya.
Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Penyelenggaraan pemilu (Ilustrasi). KSP memastikan pembangunan tetap berjalan siapapun yang akan menjadi presidennya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta, memastikan pembangunan nasional tetap berkesinambungan meskipun terjadi pergantian kepemimpinan. Sebab, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah menyiapkan landasan dan pedoman arah pembangunan, yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

“Siapapun Presidennya, pembangunan nasional tetap berkesinambungan, tidak dari nol,” kata Febry, dikutip pada Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga

Febry mengatakan meskipun para calon pemimpin Indonesia memiliki visi dan misi, serta ciri khas, karakter, dan prioritas kebijakan masing-masing, tapi pemerintahan saat ini sudah menyiapkan jalan menuju Visi Indonesia Emas 2045. Sehingga nantinya perlu ada langkah penyelarasan yang dituangkan dalam dokumen politik dan teknokratik atau rencana pembangunan nasional.

Menurut dia, konsep pembangunan Indonesia-Sentris yang dijalankan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terbukti membawa perubahan fundamental bagi pembangunan nasional. Ia menyebut capaian investasi di luar Pulau Jawa semakin meningkat sejak 2020.

Selain itu, pembangunan infrastrukur juga masif dilakukan di luar Pulau Jawa. Mulai dari pembangunan jalan Trans Papua, Kereta Api Trans Sulawesi, pengembangan kawasan perbatasan, hingga pemindahan Ibu Kota Nusantara.

“Ini sederetan bukti nyata bahwa paradigma Indonesia-Sentris berhasil diwujudkan oleh Presiden Jokowi,” kata Febry.

Pada kesempatan itu, Ia juga menyampaikan Kantor Staf Presiden sebagai lembaga yang bertugas mengawal isu-isu strategis dan program prioritas Presiden terus memastikan pembangunan nasional berjalan dengan baik dan berkualitas, sesuai dengan hukuk dan prinsip tata kelola yang baik, serta tersampaikan dan berdampak pada masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement