Rabu 08 Nov 2023 23:45 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Jadi Terminal Penerbangan Terbaik di Indonesia

Status bandara terbaik itu dinilai berdasarkan kepuasan pelanggan.

Calon penumpang pesawat antre untuk check in di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Calon penumpang pesawat antre untuk check in di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Indonesia National Air Carriers Association (INACA) sebagai asosiasi yang menaungi maskapai-maskapai nasional menetapkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten masuk sebagai terminal udara terbaik di lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero).

Status bandara terbaik itu dinilai berdasarkan kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI) 2023 dari dua bandara yang ada seperti Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan Fatmawati Soekarno (Bengkulu).

Baca Juga

VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro mengatakan dengan pemberian apresiasi dari INACA itu menjadi pemacu seluruh bandara di lingkungan AP II untuk secara berkelanjutan meningkatkan standar pelayanan bagi seluruh stakeholder.

"Perspektif yang dinilai dari CSI 2023 ini cukup lengkap, mulai dari penumpang, maskapai dan stakeholder lain di bandara. Melalui ajang ini, INACA turut mendorong peningkatan standar layanan di bandara-bandara AP II ke depannya," ujarnya, Rabu (8/11/2023).

 

Menurut dia, atas raihan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang terbaik di Indonesia ini juga hasil penilaian CSI berdasarkan lima aspek, yaitu perspektif penumpang; kru kokpit pesawat; station manager maskapai; konsesioner; dan stakeholder di angkutan kargo.

"Apresiasi untuk ketiga bandara tersebut diberikan saat ajang INACA Festival 2023 yang digelar pada 4 November 2023 untuk memperingati HUT ke-53 INACA," ujarnya.

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan standar pelayanan dan fasilitas di Bandara Soetta secara konsisten terus ditingkatkan. Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebelumnya juga mendapat capain Airport Service Quality (ASQ) dari Airport Council International (ACI), yakni 4.98 dari nilai target 4.9 pada 2022.

"Berbagai fasilitas terus kami hadirkan, fasilitas terbaru berbasis teknologi dan digital yakni aplikasi Travelin, dimana penumpang pesawat tidak perlu lagi menunjukkan data diri secara fisik, sekarang hanya dengan menunjukkan wajah di security check point saat menuju boarding lounge dengan menggunakan fitur Travelinepass penumpang bisa dengan mudah dan praktis saat memproses keberangkatan. Caranya, penumpang bisa terlebih dahulu mengunduh aplikasi Travelin dan membuat Airport ID," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement