Rabu 08 Nov 2023 17:28 WIB

Tingkatkan Energi Ramah Lingkungan, Pemkot Surabaya Uji Coba Angkutan Massal Listrik

Pemkot Surabaya teken kerja sama dengan PT Kalista untuk transportasi listrik

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi kemacetan di Surabaya.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Ilustrasi kemacetan di Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya meningkatkan penggunaan energi bersih dan mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan serta untuk mengurangi kemacetan dengan penggunaan angkutan masal. 

Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) PT Kalista Nusa Armada (Kalista), anak usaha dari PT Indika Energy Tbk dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Baca Juga

Kerja sama kedua belah pihak untuk program uji coba dan evaluasi penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi publik Kota Surabaya.    

“Uji coba kendaraan listrik ini menjadi langkah awal transisi penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi umum di Kota Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya mengapresiasi kerja  sama yang dilakukan oleh Kalista sebagai mitra dalam proses transisi kendaraan listrik,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (8/11/2023).   

 

Dia menyebutkan kerja sama ini merupakan bagian dari proses transisi konversi energi yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya, menuju penggunaan energi ramah lingkungan, terutama di sektor transportasi public 

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Kalista, Tammam Jannata dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru. 

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kota Surabaya melakukan uji coba beberapa unit kendaraan listrik seperti single bus, medium bus, dan micro bus. 

Kalista adalah perusahaan penyedia solusi transisi kendaraan listrik yang menyeluruh dan terintegrasi. “Melalui kerjasama ini, kami mendukung akselerasi penggunaan kendaraan listrik ramah lingkungan yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Hal ini sejalan dengan komitmen Indika Energy Group untuk mewujudkan netral karbon di Indonesia,” ujar Direktur Kalista, Tammam Jannata.  

Dia menjelaskan, penunjukkan Kalista sebagai mitra dalam ujicoba kendaraan listrik untuk transportasi umum di Surabaya ini menunjukkan adanya kepercayaan yang tinggi terhadap Kalista sebagai  perusahaan penyedia solusi transisi kendaraan listrik yang menyeluruh dan terintegrasi. 

“Sejak tahap perencanaan, kami mendukung penentuan konfigurasi yang tepat antara spesifikasi bus, charger dan kebutuhan operasional, sehingga mampu meningkatkan produktivitas. Dari sisi finansial, Kalista memberikan solusi finansial yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan klien,” terangnya. 

Baca juga: 10 Peluang Pintu Langit Terbuka Lebar, Doa yang Dipanjatkan Insya Allah Dikabulkan

Tammam menekankan, kemampuan pemeliharaan armada dan keahlian teknis Kalista dalam ekosistem industri kendaraan listrik akan meningkatkan efektifitas sekaligus mengurangi kompleksitas operasional armada. 

Secara group, Kalista memiliki jaringan paska operasional untuk pemanfaatan dan penggunaan kembali armada maupun baterai. 

Baca juga: Pesan Nabi Muhammad SAW untuk Saudara-Saudara Kita di Palestina 

“Bagi kami kepercayaan ini menjadi tahap awal perjalanan perusahaan dalam memberikan solusi berkualitas tinggi di industri kendaraan listrik,” ujar dia. 

Dia mengatakan Kalista merupakan bagian penting dari perjalanan Indika Energy Group yang mendiversifikasikan portfolio usahanya menuju sektor rendah karbon. Hal ini sejalan dengan upaya Indika Energy memberdayakan Indonesia untuk masa depan yang berkelanjutan.     

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement