Senin 06 Nov 2023 18:45 WIB

Turap Pembatas Dinding Taman Margasatwa Ragunan Longsor

Turap pembatas dinding Taman Margasatwa Ragunan, Jaksel mengalami longsor.

Dinding pembatas Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta. Turap pembatas dinding Taman Margasatwa Ragunan, Jaksel mengalami longsor.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Dinding pembatas Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta. Turap pembatas dinding Taman Margasatwa Ragunan, Jaksel mengalami longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turap pembatas dinding Taman Margasatwa Ragunan di Jalan Harsono RM, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, longsor akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut pada Ahad (5/11/2023).

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, menjelaskan, tingginya curah hujan saat itu membuat tanah menjadi labil.

Baca Juga

"Kemarin, curah hujan cukup tinggi sekitar pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Tanah yang tadinya kering, terkena air membuat kontur tanah labil dan terjadi longsor," ujar Wahyudi Bambang.

Dia memastikan tak ada korban dalam insiden tersebut. Hal itu karena posisi tanah yang longsor berada di ujung parkiran roda dua, tepatnya di Pintu Utara Ragunan.

 

"Posisinya di ujung, jadi kebanyakan sepeda motor yang parkir berada di tengah," ujarnya.

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan langsung merespons dengan cepat kejadian itu. Petugas langsung membersihkan area yang terkena longsor dan memasang garis pengaman untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Sementara parkiran yang terdampak longsor tidak dapat digunakan hingga proses perbaikan selesai. Pada Senin siang, meskipun terdapat kerusakan pada turap pembatas, bagian tembok Taman Margasatwa Ragunan masih tetap kokoh.

Petugas Taman Margasatwa Ragunan telah melakukan pembersihan dan pemasangan garis polisi serta pembatas kerucut (cone barrier) sebagai tanda pengingat kepada pengendara untuk berhati-hati di area tersebut.

Kendati terjadi kerusakan, arus lalu lintas di Jalan Harsono RM tetap lancar mengingat jalur tersebut tidak begitu ramai dan mayoritas pengguna adalah pengendara roda dua.

Jalur tersebut menjadi salah satu alternatif bagi pengendara motor yang hendak melintas dari Jalan Harsono RM menuju Jalan Kebagusan Raya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement