Rabu 01 Nov 2023 20:00 WIB

Sempat Tertimbun Longsor, Seorang Warga di Sukabumi Berhasil Selamat Dievakuasi

Korban berhasil dievakuasi warga dengan alat seadanya dan langsung dibawa ke RS.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agus raharjo
Sejumlah petugas gabungan menyemprotkan air saat pencarian korban yang tertimbun tanah longsor. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah petugas gabungan menyemprotkan air saat pencarian korban yang tertimbun tanah longsor. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Seorang warga berhasil dievakuasi dari longsoran galian pasir di Kampung Cilutung RT 01 RW 02, Desa Girijaya, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Rabu (1/11/2023) sore. Korban ditemukan dalam kondisi selamat dan langsung dibawa ke RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Sukabumi.

Informasi dari Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, peristiwa longsor galian pasir terjadi sekitar pukul 13.55 WIB. Dalam kejadian itu seorang penambang pasir Misja sempat tertimbun dan diselamatkan warga serta petugas.

Baca Juga

"Sekitar pukul 13.00 WIB, korban Misja dan dua rekannya Uca dan Hendi bekerja menambang pasir dan pukul 13.55 WIB, galian diatasnya mengalami lonsoran," ujar Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna, Rabu (1/11/2023).

Kejadian itu mengakibatkan Misja tertimbun longsoran, sementara Uca dan Hendi bisa menyelamatkan diri. Kedua warga yang berhasil selamat tersebut, lanjut Daeng, kemudian meminta pertolongan kepada warga lainnya di lingkungan kampung Cilutung atau sekitar lokasi penambangan.

Sehingga tidak berselang lama warga berdatangan dan membantu mengevakuasi korban yang tertimbun dengan peralatan seadanya. Daeng menuturkan, hasilnya korban yakni Misja ditemukan sekitar pukul 16.05 WIB setelah dilakukan penggalian dengan dibantu personel gabungan dari BPBD, jajaran kepolisian polsek, koramil, pemdes setempat serta masyarakat sekitar.

"Korban dapat dievakuasi dengan keadaan selamat dan langsung dibawa ke rumah sakit Sekarwangi untuk pemeriksaan medis," tegasnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement