Selasa 31 Oct 2023 16:53 WIB

Safe House Firli Bahuri di Kertanegara Ternyata Disewa oleh Bos Alexis

Bos Alexis Alex Tirta menyewa rumah Firli di Jalan Kertanegara Rp 650 juta per tahun.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Polisi mengintip rumah Ketua KPK Firli Bahuri saat dilakukan penggeledahan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (26/10/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polisi mengintip rumah Ketua KPK Firli Bahuri saat dilakukan penggeledahan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah yang diduga sebagai safe house di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tidak disewa langsung ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen (Purn) Firli Bahuri. Ternyata, rumah tersebut disewa oleh bos Hotel Alexis, Alex Tirta.

"Yang menyewa rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah Alex Tirta," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak kepada awak media di Jakarta, Selasa (31/10/2023). Rumah tersebut ikut digeledah penyidik Polda Metro Jaya pada pekan lalu.

Baca Juga

Menurut Ade, rumah yang terletak di kawasan elite tersebut tercatat dimiliki seseorang berinisial E. Namun, sang pemilik menyewakannya kepada Alex Tirta dengan biaya sewa mencapai ratusan juta per tahun.

Hanya saja, hingga saat ini, belum diketahui apa hubungan antara bos Alexis dan Firli. "Pemilik rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah E. Sewanya sekira Rp 650 juta setahun," ungkap Ade.

 

Rumah yang diduga safe house dari Firli tersebut tidak luput dari penggeledahan tim penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Penggeledahan ini terkait dengan kasus dugaan pemerasan terhadap mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait kasus korupsi di Kementan pada 2021.

Karena itu, penyidik selain menggeledah rumah Firli di Kota Bekasi, juga mendatangi rumah di Jalan Kartenegara. "(Penggeledahan) dalam rangka upaya penyidikan, guna mencari serta mengumpulkan bukti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement