Selasa 31 Oct 2023 15:43 WIB

Pakar: Dukungan Yenny Wahid untuk Ganjar-Mahfud Bukan Ideologis, Tapi...

Pakar politik sebut dukungan Yenny Wahid untuk Ganjar-Mahfud bukan berdasar ideologis

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan
Yenny Wahid (kiri) berbincang dengan Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid. Pakar politik sebut dukungan Yenny Wahid untuk Ganjar-Mahfud bukan berdasarkan ideologi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Yenny Wahid (kiri) berbincang dengan Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid. Pakar politik sebut dukungan Yenny Wahid untuk Ganjar-Mahfud bukan berdasarkan ideologi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pakar politik Universitas Airlangga (Unair) Siti Aminah menyoroti arah dukungan barikade Gus Dur yang dipimpin Yenny Wahid ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Pasangan Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang diusung PDI Perjuangan. Sementara PDIP memiliki rekam jejak sejarah yang kurang baik dengan Gus Dur. 

Aminah menilai, arah dukungan Yenny Wahid kepada pasangan Ganjar-Mahfud merupakan politik pragmatis yang tidak berdasarkan pada substansi dan ideologi. Dukungan tersebut diarahkan karena kekecewaannya terhadap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Muhaimin Iskandar selaku ketua umum partai berlambang bola dunia tersebut.

Baca Juga

"Barikade Gus Dur ini adalah bagian dari mesin politik. Yang perlu dipertimbangkan adalah politik itu sangat cair, akan ada banyak mesin-mesin politik baru yang dijalankan untuk memenangi Pilpres 2024," kata Aminah, Selasa (31/10/2023).

Aminah menilai, dukungan tokoh publik kepada kandidat Capres-Cawapres merupakan kemunduran dalam pendidikan politik masyarakat. Ia pun menyoroti banyaknya tokoh-tokoh publik yang berperan sebagai calo politik. Mereka menjual massanya untuk menerima reward di kemudian hari.

"Tapi pemilih akan mempertimbangkan banyak hal dalam menentukan pilihan mereka, tidak hanya berdasarkan pada endorsement tokoh publik," ujarnya.

Aminah juga mempertanyakan kemampuan Yenny Wahid dalam membangun koordinasi mesin politik di antara mesin-mesin NU yang ada dengan baik. Aminah mengatakan, kolaborasi antara NU, dalam hal ini barikade Gus Dur pimpinan Yenni Wahid dan PDIP merupakan kolaborasi politik yang lebih berorientasi pragmatis.

"Pertanyaannya, mampukah Yenny Wahid membangun koordinasi mesin politik di antara mesin-mesin NU yang ada dengan baik?" kata Aminah.

Aminah pun menyarankan agar pasangan Ganjar-Mahfud tidak hanya mengandalkan dukungan tokoh publik, seperti Yenny Wahid, utamanya untuk menggaet suara Nahdliyin yang jumlahnya besar di Jatim. Pasangan tersebut, kata dia, juga perlu menyampaikan gagasan-gagasannya secara jelas dan konkret kepada publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement