Ahad 29 Oct 2023 22:47 WIB

Silaturahim Fokal IMM Bahas Isu Terhangat dalam Negeri hingga Palestina

Fokal IMM memandang Pemerintah belum cukup serius menangani masalah pendidikan.

Ketua Umum Fokal IMM Ma'mun Murod Al-Barbasy, menyatakan Silatnas membahas berbagai hal terkait  sejumlah persoalan penting yang tengah menjadi perhatian publik di tanah air.  (ilustrasi)
Foto: Dok UMJ
Ketua Umum Fokal IMM Ma'mun Murod Al-Barbasy, menyatakan Silatnas membahas berbagai hal terkait sejumlah persoalan penting yang tengah menjadi perhatian publik di tanah air. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) baru saja menggelar Silaturahim Nasional (Silatnas) yang digelar di Menara Peninsula Hotel Jakarta, 28-29 Oktober 2023. Dalam pertemuan tersebut Fokal IMM membahas berbagai hal mulai dari isu dalam negeri yang tengah menjadi perhatian publik hingga isu Palestina dan Israel yang sedang memanas.

Ketua Umum Fokal IMM Ma'mun Murod Al-Barbasy, menyatakan Silatnas membahas berbagai hal terkait  sejumlah persoalan penting yang tengah menjadi perhatian publik di tanah air. Selain itu keberpihakan terhadap Palestina juga menjadi pembahasan dalam Silatnas.

Sikap Menlu Retno Marsudi yang mewakili Pemerintah Indonesia menurutnya sudah sangat bagus. Menlu Retno menurut Ma’mun Murad mengusulkan agar kejahatan dan genoside yang dilakukan Israel jangan hanya dibawa ke Dewan Keamanan PBB, tapi perlu juga dibawa ke Sidang Umum PBB.

Selain itu, persoalan pendidikan di Indonesia juga diangkat sebagai rekomendasi. “Fokal IMM memandang Pemerintah belum cukup serius menangani masalah pendidikan, tergambar dari rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia yang masih buruk, juga termasuk IQ rata-rata orang Indonesia yang cukup rendah hanya 78,49,” ujarnya seperti dalam siaran pers.

 

Rekomendasi lainnya  yang dibahas terkait pelembagaan demokrasi dan partai politik yang dinilainya masih jauh dari harapan, ujar Ma'mun Murod Al-Barbasy dalam penutupan acara Pengukuhan Pimpinan Pusat Forum Keluarga Alumni IMM dan Silaturahim Nasional di Jakarta. 

Silatnas Fokal IMM dihadiri dua perwakilan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Di antaranya Muhaimiin Iskandar yang mwakili pasangan Anies Imin, serta Ganjar Pranowo yang mewakili pasangan Ganjar-Mahfud. Namun, tak tampak hadir perwakilan dari pasangan Prabowo Gibran dalam acara tersebut.

Wakil ketua Umum Pimpinan Pusat Fokal IMM Saleh Tjan menambahkan, banyak persoalan bangsa di masa mendatang yang bisa dijawab dalam visi calon pemimpin Indonesia dalam forum yang dihadiri alumni  aktivis IMM ini. "Jangan sampai kemudian publik diarahkan untuk memilih kucing dalam karung karena persoalan yang seharusnya bisa dijelaskan dalam forum ini," ujarnya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement