Sabtu 28 Oct 2023 18:39 WIB

Momentum Milad Ke-25, STEI SEBI Mewisuda 254 Lulusan

STEI SEBI meluluskan 254 lulusan melalui 3 program studi.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) Depok menyelenggarakan wisuda sarjana yang ke-18 di Gedung UTCC, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (28/10/2023).
Foto:

Orasi Ilmiah

Dalam prosesi wisuda, STEI SEBI mengundang langsung Dr. Thobib Al-Asyhar, M. Si sebagai Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama DIKTIS Kemenag RI untuk memberikan orasi ilmiah.

Dr. Tthibib mengangkat tema “Peran Sumber Daya Manusia untuk Memperkokoh Sistem Ekonomi Syariah”. Ia  mengatakan, dirinya  menjadi salah satu saksi awal mula berdirinya STEI SEBI. Beliau juga memberikan banyak pesan dan semangat kepada para wisudawan agar lebih siap menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat.

“Saya menjadi salah satu saksi sejarah berdirinya STEI SEBI di awal-awal reformasi, dan pada hari ini kita akan mencatat sebagai tanggal bersejarah dari perjuangan panjang wisudawan. Ingatlah bahwa hari pertama setelah wisuda bisa hari yang menyedihkan, karena belum mampu menjawab tantangan kehidupan. Menyandang gelar akademik sarjana adalah impian semua orang, sebagai sarjana kita haru mampu mengembangkan diri,” kata Dr. Tthibib.

Ia  berpesan agar wisudawan selalu mengembangkan soft skill untuk menambah nilai dari torehan prestasi akademik yang diraih. Perubahan zaman yang cepat dari revolusi industri 4.0 menuju society 5.0 mendorong banyak perubahan, sehingga wisudawan harus dapat beradaptasi dengan cepat.

“Saat ini kita sedang masa peralihan revolusi industri 4.0 menuju society 5.0, di mana teknologi sebagai karya manusia sudah menghasilkan berbagai kemudahan. Namun, selain memberikan dampak positif, juga memberikan dampak negatif. Di mana bisa menggantikan berbagai macam pekerjaan. Oleh karena itu, society 5.0 perlu di respons yang cepat dan diperlukan perubahan mindset yang cepat pula,” paparnya.

Ia juga menyampaikan bahwa proses, tradisi, dan kultur, di perguruan tinggi harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi Artificial Intelligent (AI). Selain itu, diskusi, meneliti, publikasi ilmiah juga harus menjadi tradisi akademik yang perlu dioptimalkan.

Terakhir, ia  memberikan pesan kepada wisudawan dan seluruh tamu undangan wisuda untuk menjadi duta moderasi beragama. “Menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang mengajak kepada kebaikan dan menjadi rahmatan lil’alamin bagi seluruh alam,” tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement