Rabu 25 Oct 2023 18:49 WIB

Pengakuan Lugu Bocah SD Gagalkan Penjambretan dengan Mengejarnya di Lampung

Rizky berhasil menggagalkan penjambretan HP miliknya.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus raharjo
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengundang khusus bocah SD Rezky Maulana di ruangannya, Rabu (25/10/2023).
Foto: Dok Polda Lampung
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengundang khusus bocah SD Rezky Maulana di ruangannya, Rabu (25/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Rizky Maulana (12 tahun) mendapat hadiah dari Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika di Polda Lampung, Rabu (25/10/2023). Bocah kelas 6 SD tersebut dengan keluguannya mengaku aksinya menggagalkan penjambretan merupakan gerakan spontanitas.

Dengan polos, Rizky mengejar dan menangkap penjambret HP-nya tanpa pikir panjang. "Refleks aja. Langsung ngejar pas diambil (dirampas HP-nya)," kata Rizky Maulana saat bertemu Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika di Polda Lampung, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Meski tubuhnya kecil dibandingkan penjahat yang menjambret HP-nya, ia langsung mengejar pelaku yang kabur menggunakan motor berboncengan tiga orang. Rizky berhasil menarik jaket pelaku berwarna putih yang duduk di belakang. Pelaku terjatuh dan berhasil ditangkap warga.

Bocah SD bertubuh kurus dan kecil ini disebut memiliki keberanian melebihi usia lelaki dewasa. Keberanian Rizky mengejar dan menangkap pelaku yang berjumlah tiga orang tersebut sendirian diapresiasi Kapolda Lampung.

Menurut Rizky, apa yang dilakukannya saat HP-nya dirampas dan dibawa kabur, hanya mengejar dan mengambil kembali HP-nya. Tujuannya, tidak lain, agar handphone-nya dapat kembali lagi, walaupun sudah diambil penjambret yang berjumlah tiga orang.

"Saya tarik jaketnya sampai saya juga jatuh. Ini kemarin sempat sakit. Pokoknya dia (pelaku) harus ketangkap," kata Rizky.

Video pengejaran Rizky tersebut sempat terekam kamera tersembunyi di lingkungan rumahnya di Kota Bandar Lampung. Aksi berani bocah SD tersebut mendapat apresiasi warganet sehingga video berdurasi 1,27 menit tersebut viral.

Rafi Manaf, ayah Rizky Maulana, juga tidak sadar dengan keberanian anaknya mengejar dan menangkap pelaku kejahatan, yang jumlahnya tiga orang. Dia sempat melihat rekaman video CCTV dan menyaksikan keberanian anaknya mengejar penjahat yang berusaha kabar menggunakan motor.

"Ya bangga, sampai bisa ketemu Kapolda juga tadi, diundang ke ruangan," kata Rafi.

Rizky dan orang tuanya diundang langsung Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika di ruang kerjanya Polda Lampung. Di hadapan kapolda, Rizky menceritakan kejadian yang sebenarnya. Bocah SD ini mendapat apresiasi berupa bantuan pendanaan untuk sekolah dan diajak berkeliling Polda Lampung menggunakan mobil golf.

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika mengatakan penghargaan itu hanya hadiah kecil untuk Rizky yang kebetulan berulang tahun pada 29 Oktober nanti. "Cuma hadiah kecil buat penyemangat sekolah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement