Jumat 13 Jan 2023 23:41 WIB

Geng Motor Marak di Lampung, Kapolda Lampung: Tindak Tegas

Kapolda Lampung sebut polisi telah identifikasi akun pelaku geng motor

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus  (kanan).  Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus memerintahkan aparat untuk menindak tegas aksi geng motor yang marak tawuran di Lampung dan telah meresahkan masyarakat. Aksi tawuran geng motor sering terjadi belakangan ini di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.
Foto: Humas Polda Lampung
Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus (kanan). Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus memerintahkan aparat untuk menindak tegas aksi geng motor yang marak tawuran di Lampung dan telah meresahkan masyarakat. Aksi tawuran geng motor sering terjadi belakangan ini di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus memerintahkan aparat untuk menindak tegas aksi geng motor yang marak tawuran di Lampung dan telah meresahkan masyarakat. Aksi tawuran geng motor sering terjadi belakangan ini di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

“Kepada para kapolres dan kapolresta dan jajaran sesuai wilayah hukumnya, diminta tindak tegas terhadap aksi aksi geng motor yang meresahkan masyarakat. Upayakan harus menekan setiap potensi gangguan, jangan sampai menjadi ambang gangguan, maupun gangguan nyata,” kata Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus didampingi Kabid Humas Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandar Lampung, Jumat (13/1/2023).

Kapolda menginstruksikan, tindak tegas aksi geng motor yang kerap menimbulkan tawuran antarkelompok dan antarpelajar yang telah meresahkan masyarakat yang di wilayah hukum Polda Lampung.

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menambahkan, bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang terjadi di wilayah hukum Polda Lampung berkembang cukup dinamis. Saat ini marak terjadinya kenakalan remaja yang berlabel geng motor, yang melakukan aksi tawuran antarkelompok, dan aksi brutal yang meresahkan warga viral di berbagai media sosial dan media sosial.

Pandra mengatakan, upaya tindak tegas aksi geng motor di Lampung ini sudah cukup meresahkan masyarakat, sehingga tugas polri adalah menjaga harkamtibmas dengan perannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat serta penegakan hukum yang berkeadilan. Namun, semua itu tetap dikedepankan fungsi preemtif, preventif, dan refresif dalam penanganan masalah aksi gengk motor dan tawuran antarkelompok.

Ia mengatakan, Polda Lampung sudah melakukan upaya patroli kepolisian yang ada di beberapa titik dengan pemetaan tempat gang motor atau pada saat akan terjadi aksi tawuran. Selain itu, petugas juga telah mengidentifikasi akun media kelompok pelajar atau kelompok geng motor dengan memantau aktivitasnya.

Selain itu, petugas juga melakukan kordinasi dengan stakeholder terkait dan pemerintah dalam mengatasi maraknya geng motor atau aksi tawuran pelajar. “Penegakan hukum secara profesional terhadap para pelaku atau geng motor yang terbukti unsur pidananya sebagai efek jera,” kata Pandra.

Ia mengajak  tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah dan peran orangtua memberikan edukasi dan pengawasan terhadap anak-anak dalam pergaulan di lingkungan tempat tinggal maupun di lingkungan luar. Bagi masyarakat yang mengetahui atau melihat geng motor atau aksi tawuran segera menghubungi kepolisian terdekat atau call center 110 dan aplikasi Super App Polri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement