Selasa 24 Oct 2023 19:55 WIB

Bayi Lima Bulan Diduga Hamil, Dokter Spesialis Bedah Anak Singgung Tumor

Bayi Adnan asal Pesisir Selatan, Sumbar mengidap tumor bernama teratoma.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Seorang bayi berusia lima bulan mengidap tumor kini dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sumbar.
Foto: Antara
Seorang bayi berusia lima bulan mengidap tumor kini dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dokter spesialis bedah anak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Budi Arnofian, mengatakan. pasien bayi bernama Adnan Arfandi yang baru berusia lima bulan sedang dipersiapkan untuk menjalani operasi.

Bayi Adnan, menurut Budi mengidap tumor yang menyerupai makhluk hidup di dalam perutnya. Sehingga sebelumnya bayi Adnan diduga bayi hamil.

Budi menyebut, tumor tersebut adalah teratoma. Teratoma adalah tumor yang terdiri dari jaringan, misalnya rambut, otot, dan tulang. Teratoma paling sering terjadi di ovarium pada wanita, dan testis pada pria. Teratoma dapat jinak maupun ganas.

"Pasien ini sedang dipersiapkan operasi bedah perut kemudian mengangkat tumor untuk memsstikan tegaknya teratoma," kata Budi di Kota Padang, Sumatra Barat, Selasa (24/10/2023).

Budi menyebut, kemungkinan kelengkapan atau isi teratoma ini seperti satu organ manusia yang hampir utuh. Menurut dia, hal itu bisa terjadi dari satu dari 30 ribu sampai 40 ribu kelahiran.

"Terjadi karena, ada pertumbuhan dari perubahan pola sel. Kemudian dengan perubahan pola sel ini terjsdi pertumbuhan di dalam tumor tersebut. Secara morfologi kasus tumor ini terjadi pada usia berapa saja," ujar Budi.

Sebelumnya diberitakan adanya informasi menghebohkan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Di mana ada bayi diduga mengandung. Bayi berienis kelamin laki-laki tersebut diketahui bernama Adnan Arfandi berusia lima bulan. Bayi ini beralama di Kampung Limau Sundai, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batan Kapas.

Orang tua Adnan, Hendi, mengatakan, Adnan sejak tiga bulan lalu mengalami sakit. Ketika baru berusia tiga bulan, ada terlihat tumbuh sebesar jempol di bagian perut Adnan.

"Lalu dibawa berobat ke rumah sakit di desa. Katanya tumor. Setelah itu dibawa ke rumah sakit di Painan, dirujuk ke (RS) Padang," kata Hendi di Kabupaten Pesisir, Sumbar, Selasa (24/10/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement