Selasa 24 Oct 2023 14:51 WIB

Awal Musim Hujan Diprakirakan tak Lama Lagi Tiba, Ini Imbauan dari BMKG

Menurut BMKG, hujan sudah mulai turun di wilayah Jabodetabek bagian Selatan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani
Musim hujan (ilustrasi)
Foto:

Andri menjelaskan, prediksi BMKG soal waktu masuknya musim hujan di DKI Jakarta dan Jabodetabek secara umum masih sama dengan prediksi sebelumnya, yakni pada dasarian II November. Dasarian merupakan satuan waktu meteorologi di mana dalam satu dasarian berjumlah 10 hari. Dengan demikian, musim hujan diprediksi akan masuk sekiranya pada pertengahan November. 

“Untuk DKI Jakara dan Jabodetabek pada umumnya akan masuk mulai di bulan November di dasaran II, dan tiap wilayah bervariasi. Dan yang terlebih dulu masuk di wilayah bagian Selatan,” ujar dia.

Dia menyatakan, BMKG secara terus-menerus memonitor dinamika atmosfer terbaru. Di mana, prediksi tersebut akan terus dipantau dan diperbahraui dengan prediksi cuaca harian Jabodetabek tiga sampai 10 hari ke depan berdasarkan analisis dan data terbaru.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar selau mengikuti dan update terkini infoCuaca BMKG melalui berbagai media, dan kanal informasi resmi BMKG,” kata dia.

Sebelumnya, peneliti klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, mengatakan, berdasarkan riset yang dilakukan, El Nino mempunyai efek terhadap musim hujan. Di mana, El Nino menunda musim hujan selama dua hingga tiga dasarian, satuan waktu dalam meteorologi dengan periode 10 hari dalam satu dasarian. 

“Kami sudah melakukan berbagai kajian apakah El Nino ini punya efek dalam menunda awal musim hujan. Dan ternyata hasil kajian kami menunjukkan, El Nino menuda musim hujan,” ujar Erma kepada Republika, Rabu (11/10/2023).

Erma menjelaskan, efek serupa juga terjadi pada La Nina, yang membuat awal musim hujan menjadi lebih maju dari yang semestinya. Maju dan mundurnya musim hujan akibat El Nino maupun La Nina tersebut, kata dia, terjadi sekitar dua hingga tiga dasarian. Sebab itu, berdasarkan hasil riset yang pihaknya lakukan di Pulau Jawa, musim hujan akan tertunda di wilayah Jawa.

“Merujuk dari hasil riset yang kami lakukan ini, musim hujan berarti akan tertunda di wailayah Jawa, kita telitinya di Pulau Jawa ya, karena ada El Nino ini. Meskipun tidak seragam. Ada di wilayah-wilayah di Selatan yang dekat pegunungan yang justru dia mengalami hujan-hujan lokal,” jelas dia.

photo
Cara melaksanakan sholat minta hujan (istisqa). - (Kurnia Fakhrini/Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement