Senin 23 Oct 2023 20:57 WIB

Polisi Tunggu Hasil Forensik Terkait Penemuan Tengkorak di Jaktim

Yang ditemukan hanya tengkorak kepala dan semacam tulang.

Tengkorak manusia (ilustrasi). Pihak kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan dari dokter forensik terkait penemuan tengkorak manusia di selokan di Duren Sawit, Jakarta Timur.
Foto: 123rf.com
Tengkorak manusia (ilustrasi). Pihak kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan dari dokter forensik terkait penemuan tengkorak manusia di selokan di Duren Sawit, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan dari dokter forensik terkait penemuan tengkorak manusia di dalam selokan di depan kavling DKI Jalan Radin Inten II Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin.

"Sementara hanya tengkorak kepala dan semacam tulang, cuma belum bisa dipastikan untuk tulang tangan atau kaki. Mungkin dari pihak forensik yang nanti bisa tentukan," kata Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Duren Sawit AKP Indra Darmawan di Jakarta, Senin (23/10/2023).

Menurut dia, butuh pemeriksaan forensik guna memastikan bagian tubuh yang ditemukan oleh petugas Satpel Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Duren Sawit tersebut. "Ada tiga bagian tulang dan tengkorak manusia yang ditemukan," ujarnya.

Saat ini, tulang tersebut bersama satu buah barang bukti lainnya, yakni kaos berwarna hitam sudah dibawa petugas menggunakan ambulans ke Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati untuk dilakukan visum dan pemeriksaan lebih lanjut. Indra mengimbau kepada masyarakat yang kehilangan keluarganya atau tetangganya untuk segera menghubungi Polsek Duren Sawit.

"Kami dari Polsek Duren Sawit mengimbau kepada warga yang ada kehilangan keluarga atau tetangga, silakan bisa menghubungi pihak Polsek Duren Sawit untuk selanjutnya kami arahkan ke RS Polri," katanya.

Petugas Suku Dinas (Sudin) SDA Jakarta Timur Erwani (40) menjelaskan peristiwa penemuan tengkorak dan bagian lengan manusia itu terjadi pada pukul 14.15 WIB ketika petugas tengah membersihkan saluran air yang berada di depan kavling DKI Duren Sawit dari arah Kalimalang menuju Kanal Banjir Timur (KBT). "Awalnya, kami sedang membersihkan saluran air di sini dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter, tidak tahu ada kerangka manusia. Yang awal menemukan teman saya, menemukan kepala manusia yang masih terbungkus pakaian. Saya penasaran, saya buka dan ternyata benar kepala manusia," kata dia.

Saat menemukan tengkorak manusia itu, giginya masih terlihat utuh. Bahkan, rahangnya pun masih menempel. "Giginya masih ada dan rahangnya masih menempel. Kalau kulit sudah pada terkelupas (tinggal kerangka doang)," kata Erwani.

Petugas SDA pun langsung melaporkan penemuan tengkorak manusia itu ke petugas keamanan setempat, kemudian melaporkan ke Polsek Duren Sawit. Tak berlangsung lama, Reskrim Polsek Duren mendatangi lokasi untuk mengecek penemuan tengkorak manusia tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement