Jumat 20 Oct 2023 08:15 WIB

BMKG Beri Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Hari Ini, Cek Detailnya

BMKG menyebut prediksi musim kemarau akan berakhir akhir Oktober ini.

Hujan lebat (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hujan lebat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat hingga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada Jumat (20/10/2023) hari ini. Hal ini menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Situs BMKG di Jakarta, Jumat (20/10/2023), menyatakan potensi hujan lebat terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep Bangka Belitung, dan Lampung. Selain itu, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga

BMKG mengemukakan sirkulasi siklonik terpantau berada di sekitar Laut China Selatan sebelah Selatan Vietnam dan perairan sebelah barat Sumatra. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat hingga Pesisir barat Sumatra Barat, dari Malaysia, Selat Malaka, hingga Riau, dan dari Jambi hingga Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya, sebut BMKG, juga terpantau di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Papua Barat. Kondisi tersebut, menurut BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Kapan musim kemarau berakhir...

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement