Kamis 19 Oct 2023 23:38 WIB

Perempuan Indonesia Maju Ingin Wujudkan Kesetaraan dalam Memajukan Bangsa

Perempuan Indonesia memiliki peranan penting dalam industri pariwisata dan ekonomi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak-anak dicium oleh ibunya saat aksi cuci kaki ibu di Jalan Suryapranoto, Gambir, Jakarta. Perempuan Indonesia Maju (PIM) menyatakan, perempuan Indonesia punya kesempatan yang sama dan sejajar.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Anak-anak dicium oleh ibunya saat aksi cuci kaki ibu di Jalan Suryapranoto, Gambir, Jakarta. Perempuan Indonesia Maju (PIM) menyatakan, perempuan Indonesia punya kesempatan yang sama dan sejajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan Indonesia Maju (PIM) menyatakan, perempuan Indonesia punya kesempatan yang sama dan sejajar dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. Sebab itu, di dalam menghadapi tantangan global dan dinamika dunia, perempuan Indonesia perlu untuk terus diberdayakan.

 "Kami berharap, PIM bisa menjadi bagian dalam memajukan bangsa Indonesia yang dimulai dari keluarga yang terbina dari seorang ibu terhadap anak-anaknya, hingga lingkungan sekitar, dan titik akhir yaitu bagian dalam mencerdaskan anak bangsa Indonesia,” ujar Ketua Umum PIM Lana Koentjoro dalam keterangannya, Kamis (19/10/2023).

Lana menambahkan, PIM adalah sebuah komunitas atau organisasi nirlaba. Pihaknya memang punya tujuan untuk memberikan edukasi dan membantu mewujudkan perempuan Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dan bisa sejajar dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Tahap demi tahap terus melahirkan generasi ke generasi yang cerdas, tangkas, trenginas serta memiliki rasa nasionalisme dan idealisme juga hati nurani dan bertanggung jawab menjaga NKRI,” kata dia.

 

Menurut Lana, perempuan Indonesia memiliki peranan penting dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia berharap perkumpulan perempuan maju Indonesia mandiri dapat berperan aktif demi kemajuan perekonomian Indonesia.

"Potensi pemberdayaan UMKM khususnya perempuan dapat membawa peran besar dan efek ganda pada perekonomian Indonesia,” jelas dia.

Dia juga menyampaikan, perempuan cederung lebih peka dan peduli terhadap masalah yang terjadi di masyarakat sekitar. Sehingga diharapkan pihaknya dapat menjadi wadah bagi para perempuan untuk merangkul sesama dan maju bersama demi perkembangan ekonomi bangsa Indonesia.

PIM baru saja melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertamanya setelah organisasi itu resmi terbentuk lima tahun lalu, yakni pada 2019. Lana menjelaskan, pada Rakernas tersebut pihaknya membahas program-program kerja mulai dari tingkat nasional hingga  daerah untuk kemudian diimplementasikan bersama-sama untuk mewujudkan mimpinya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement