Kamis 19 Oct 2023 00:26 WIB

Kisi-Kisi Cawapres Prabowo Menurut Elite Koalisi Indonesia Maju

Cawapres Prabowo kemungkinan akan dirapatkan pada Jumat lalu Sabtu dideklarasikan.

Bakal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto.
Foto:

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio mengamini, para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan menggelar rapat untuk menentukan sosok cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Jumat (20/10/2023). Eko menjelaskan, Prabowo sudah menyatakan akan menggelar rapat tersebut setelah Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) pulang dari agenda mendampingi Presiden Jokowi kunjungan ke China.

"Ketum (PAN) memajukan sehari kepulangannya. Katanya itu sudah diketahui oleh Pak Presiden. Jadi insyaallah beliau yang seharusnya Sabtu atau Minggu pulang, jadinya Jumat," kata Eko usai rapat pejabat teras parpol KIM di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023). 

Eko menyebut, Zulhas akan tiba di Jakarta pada Jumat siang. Setelah itu, Zulhas bersama Prabowo dan ketua umum lainnya akan menggelar rapat penentuan cawapres. "Rapat kelihatannya memang hanya membahas cawapres," ujarnya. 

Menurut Eko, setelah sosok cawapres diputuskan pada Jumat, KIM harus segera mendeklarasikan pasangan capres-cawapres pada Sabtu. "Secepatnya harus dideklarasikan dan dikomunikasikan kepada masyarakat," kata Ketua DPW PAN DKI Jakarta itu. 

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay angkat bicara soal langkah Menteri BUMN Erick Thohir mengurus surat-surat yang diperlukan untuk mendaftar sebagai cawapres Pilpres 2024. Menurutnya, wajar Erick mengurus berkas-berkas tersebut karena dia memang masih berpeluang menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. 

"Pak Erick kan masih memiliki peluang. Selama peluang jadi cawapres terbuka, ya kita tidak perlu pertanyakan soal pengurusan SKCK dan kelengkapan berkas lainnya," kata Saleh dalam keterangannya, Rabu. 

Menurut Saleh, tindakan Erick itu bisa dimaknai sebagai langkah antisipasi. Jika nanti Erick terpilih sebagai cawapres pendamping Prabowo, maka dia bisa langsung mendaftar tanpa perlu lagi mengurus berkas-berkas persyaratan. 

"Anggap aja melaksanakan pepatah, 'sedia payung sebelum hujan'. Kalau nanti diperlukan, ya sudah ada (berkas-berkas syarat pendaftarannya)," ujar Saleh. 

 

photo
Komik Si Calus : Dinasti - (Daan Yahya/Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement