Rabu 18 Oct 2023 20:06 WIB

Kronologi Ledakan Diduga Bom yang Tewaskan Satu Pekerja Bangunan di Setiabudi Jaksel

Ledakan diduga dari sebuah bom yang tertanam di dalam tanah.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani
Tim Gegana mengamankan area lokasi ledakan yang terjadi di proyek pembangunan rumah di Jalan Perahu, Guntur, Setiabudi, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Indradi memastikan bahwa penyebab ledakan yang menyebabkan satu orang meninggal  diduga bukan dari septic tank. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki penyebab ledakan tersebut berasal dari bom atau bukan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tim Gegana mengamankan area lokasi ledakan yang terjadi di proyek pembangunan rumah di Jalan Perahu, Guntur, Setiabudi, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Indradi memastikan bahwa penyebab ledakan yang menyebabkan satu orang meninggal diduga bukan dari septic tank. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki penyebab ledakan tersebut berasal dari bom atau bukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ledakan yang terjadi sekitar Taman Tangkuban Perahu, Setiabudi, Jakarta Selatan, diduga dari sebuah bom yang tertanam di dalam tanah. Namun, ledakan dari benda misterius yang telah menewaskan satu orang pekerja bangunan itu masih diidentifikasi oleh tim identifikasi Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan dan tim dari Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya.

“Benda berwarna putih terang menurut keterangan saksi. Saat ini juga masih berlangsung olah TKP dan identifikasi oleh tim identifikasi Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan dan juga tim identifikasi dari Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indardi kepada awak media, di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga

Adapun kronologi ledakan yang sempat menggegerkan warga Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi, itu berawal pada saat korban A selesai beristirahat dari melakukan pekerjaannya. Kemudian sekitar pukul 13.00 WIB, korban melanjutkan kembali pekerjaan renovasi rumah di bagian belakang. Namun, saat menggali, korban menemukan benda berwarna terang putih.

“Kemudian diingatkan oleh salah satu saksi di antara tiga saksi itu agar berhati-hati terhadap benda tersebut. Kemudian, berdasarkan keterangan saksi, korban memukul benda tersebut dan akhirnya menimbulkan ledakan,” jelas Ade Ary

Akibat ledakan itu, korban A ditemukan meninggal dunia di tanah galian yang sedang kerjakan. Sedangkan tiga saksi lainnya mengalami luka ringan dan saat ini sedang dilakukan pengobatan di klinik terdekat. Kemudian petugas datang ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Pertama dilakukan oleh tim jibom dan gegana Sat Brimob Polda Metro Jaya, penyisiran, kemudian saat ini juga masih berlangsung olah TKP dan identifikasi. Saat ini masih berlangsung dan situasi sampai saat ini aman terkendali,” kata Ade Ary.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement