Senin 16 Oct 2023 23:51 WIB

Aksi Normalisasi Anak Sungai Musi, Relawan Ganjar PeTebu Rangkul Perajin Tahu Tempe

Aksi sosial ini diadakan untuk menanamkan jiwa kebersamaan warga sekitar.

Kegiatan normalisasi anak sungai Musi bersama ratusan pengrajin tahu tempe di Kota Palembang, Sumsel.
Foto: Dok. Web
Kegiatan normalisasi anak sungai Musi bersama ratusan pengrajin tahu tempe di Kota Palembang, Sumsel.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Budaya gotong royong menjadi cerminan bangsa Indonesia yang saling bahu membahu dalam bekerjasama. Untuk menanamkan semangat itu, sukarelawan Petani Tebu Bersatu (Petebu) Dukung Ganjar menginisiasi kegiatan normalisasi anak sungai Musi bersama ratusan perajin tahu tempe. 

Mereka tampak sangat antusias membersihkan anak sungai yang ada di Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatra Selatan. 

Baca Juga

Ada yang mengais sampah di atas perahu bantuan dari Petebu, bahkan ada pula yang nekat terjun langsung ke anak sungai meski badannya dipenuhi lumpur hitam. 

Koordinator Wilayah Petebu Sumsel Meri Komari mengatakan aksi sosial ini diadakan untuk menanamkan jiwa kebersamaan warga sekitar. 

 

"Lagi gotong royong bakti sosial dalam rangka relawan Petebu yang mendukung Pak Ganjar untuk menormalisasi anak sungai Musi yang kami kerjakan bersama perajin tahu tempe," ujar Komari, seperti dinukil pada Senin (16/10/2023). 

"Ini gotong royong menggunakan perahu dari bantuan relawan Petebu untuk menormalisasi anak sungai Musi ini supaya lancar (alirannya). Untuk menanamkan kebersamaan warga, kebersamaan anak bangsa," lanjut dia. 

Berbekal alat seadanya mereka sangat semangat membersihkan tumbuhan liar yang ada di sepanjang aliran anak sungai. Selain itu, sampah yang ada juga dibuang hingga aliran air anak sungai Musi makin lancar. 

Aksi ini menjadi persiapan jika daerah tersebut memasuki musim hujan. Sehingga aliran anak sungai tidak macet jika terjadi hujan deras yang menggenang nantinya. 

"Sangat antusias sekali untuk gotong royong ini, sampai terjun ke sungai membersihkan eceng gondok itu supaya lancar airnya ketika turun air hujan. Gak lama lagi musim penghujan, jadi perlu dibersihkan saluran anak sungai Musi ini supaya lancar," kata Komari. 

Sebelum diadakan gotong royong, Petebu Ganjar bersama perajin tahu tempe terlebih dahulu melakukan deklarasi dukungan untuk calon presiden Ganjar Pranowo.

Mereka juga membubuhkan ratusan tanda tangan sebagai bukti komitmen kesiapan mereka dalam memenangkan Ganjar menjadi Presiden 2024.

Ini bukan kali pertama kelompok yang sama menginisiasi aksi sosial di Pulau Sumatra. Sebelumnya, bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan door to door ke berbagai wilayah di kota Medan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darahnya. 

"Ini langkah positif dalam membantu PMI untuk memperbanyak stok darah di Kota Medan, selama ini kan banyak rumah sakit yang kekurangan darah," dikatakan Tokoh Masyarakat Kecamatan Medan Sunggal, Sugianto dalam wawancaranya di kegiatan PeTebu Dukung Ganjar Bakti Untuk Negeri 'Donor Darah dan Normalisasi Saluran Air' di Jalan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, demikian dilansir dari Antara.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement