Senin 16 Oct 2023 17:38 WIB

Torehkan Rekor Muri, Gapopin Gelar Periksa Mata Gratis di Car Free Day

Gapopin juga membagikan 5.000 kacamata gratis kepada masyarakat.

Peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang digelar di area car free day Bundaran HI, Jakarta Pusat, Ahad (15/10/2023).
Foto: Republika.co.id
Peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang digelar di area car free day Bundaran HI, Jakarta Pusat, Ahad (15/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) menggelar pemeriksaan mata gratis dan membagikan 5.000 kacamata kepada masyarakat pada peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang digelar di area car free day Bundaran HI, Jakarta Pusat, Ahad (15/10/2023).

Pembagian kacamata gratis secara serempak itu menjadi yang terbanyak dalam sebuah acara. Sehingga Gapopin dianugerahi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

Ketua Umum Gapopin Soelianto Rusli alias Ko Ahie menjelaskan, kegiatan itu tidak hanya dilakukan di Jakarta, melainkan secara serentak di 16 provinsi se-Indonesia melalui live Zoom Meeting yang dimulai pukul 08.00 WIB. Menurut dia, kegiatan itu dihelat sebagai peringatan Hari Penglihatan Sedunia.

"Antusias warga yang menghadiri acara sangat luar biasa untuk memeriksakan matanya. Sehingga ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan mata," ujar Ko Ahie dalam siaran pers di Jakarta, Senin (16/10/2023).

Kegiatan itu dihadiri sejumlah pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Di antaranya, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr Yudhi Pramono, Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Kemenkes dr Eva Susanti, dan Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes dr Obrin Parulian.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan penandatanganan naskah deklarasi komitmen target global kesehatan mata 2030. Ko Ahie berharap, masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan mata karena masih ada yang abai dengan kesehatan mata sendiri.

"Pemeriksaan mata secara rutin itu penting dilakukan sejak dini. Untuk itu pada hari ini kita bersama-sama Gapopin ikut mendeklarasikan kesehatan mata se-Indonesia, untuk menuju target global kesehatan mata 2030," jelasnya.

Peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang digelar Gapopin tidak hanya ramai dihadiri oleh ribuan masyarakat di lokasi kegiatan, namun menjadi perbincangan hangat di media sosial dan masuk jajaran trending topic Indonesia nomor satu di Twitter (X).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement