Rabu 11 Oct 2023 12:42 WIB

Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Menko Marves Ad Interim Gantikan Luhut Sementara

Luhut Binsar dilaporkan sakit karena kelelahan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: Dok. Instagram/@erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan. Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana mengatakan, penunjukan Erick Thohir menjadi menteri ad interim ini karena Luhut saat ini tengah menjalani perawatan kesehatan.

“Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves Ad-interim,” kata Ari kepada wartawan, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar angkat bicara seputur kondisinya yang dikabarkan sakit. Lewat status di Instagram, Selasa (10/10/2023), Luhut tak menampik soal kabar itu. Ia mengaku mengalami kelelahan luar biasa. 

“Beberapa hari lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” ujar Luhut. 

Melihat kondisi yang tidak wajar tersebut, sang istri kemudian berinisiatif membawa ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari ia tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. 

Bahkan untuk sekadar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin ia lakukan setiap pagi, tak diperbolehkan oleh istri. “Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa,” ucap sang istri saat itu.

Sebagai orang yang terbiasa bekerja dan aktif berkegiatan, berada di Rumah Sakit selama beberapa hari memang membuat  Luhut cukup bosan. “Tapi saya yakin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk saya saat ini,” ujarnya.

Ia memahami bahwa tugas....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement