Selasa 10 Oct 2023 19:41 WIB

Kualitas Udara di Riau Dinilai Membaik, Siswa SMA Mulai Sekolah Tatap Muka

Proses belajar mengajar di Riau kembali dilaksanakan secara tatap muka di sekolah.

Siswa SMA di Riau mulai belajar tatap muka (ilustrasi).  Dinas Pendidikan Provinsi Riau membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka untuk pelajar SMA, SMK, dan SLB.
Foto: Antara/Rony Muharrman
Siswa SMA di Riau mulai belajar tatap muka (ilustrasi). Dinas Pendidikan Provinsi Riau membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka untuk pelajar SMA, SMK, dan SLB.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Dinas Pendidikan Provinsi Riau membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka untuk pelajar SMA, SMK, dan SLB. Hal ini dilakukan karena kualitas udara di daerah itu dinilai sudah membaik setelah terjadi kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan.

"Karena kualitas udara sudah membaik maka proses belajar mengajar kembali dilaksanakan secara tatap muka di sekolah," kata Kepala Disdik Riau Kamsol di Pekanbaru, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga

Kebijakan tersebut ditetapkan berdasarkan surat edaran (SE) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau kepada kepala SMA/SMK/SLB, baik negeri maupun swasta, di Riau terkait dengan pelaksanaan pembelajaran secara luring. Akan tetapi, ujar dia, dalam KBM secara tatap muka para pelajar dan guru tetap menggunakan masker.

Jika kualitas udara kembali memburuk, pihaknya memberikan kewenangan kepada setiap kepala sekolah untuk melaksanakan KBM secara daring. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk Riau, Selasa, berupa hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah setempat.

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi tadi dan akan berlangsung hingga dini hari," kata Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Anggun.

Ia mengatakan hujan bersifat tidak merata terjadi di sebagian wilayah Riau. Pada Selasa pagi, hujan dengan intensitas ringan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Kota Dumai.

Pada siang hari, potensi hujan tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, dan Kampar, sedangkan pada sore hingga malam hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis. Pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Rokan Hulu pada sore, malam dan dini hari," katanya.

Suhu udara di Riau di angka 23-33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 56-98 persen, sedangkan arah angin berembus ke tenggara-selatan dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau antara 0,10-0,5 meter. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement