Senin 09 Oct 2023 19:07 WIB

Diskusi di Ponpes Darussalam Ciamis, Ganjar Bahas Pentingnya Pendidikan Vokasi Bagi Santri

Kolaborasi pemerintah dan pesantren akan menghasilkan santri hebat.

Diskusi Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10/2023).
Foto: Dok. Web
Diskusi Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10/2023). Kedatangannya dalam rangka silahturahim kebangsaan bersama keluarga besar Ponpes Darussalam.

Para santri sangat antusias menyambut kedatangan Ganjar. Mereka berbaris sejak depan gerbang Ponpes Darussalam untuk berfoto atau bersalaman dengan Ganjar.

Baca Juga

Ketika tiba, Ganjar langsung disambut oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Prof Dr KH Fadlil Munawwar Manshur. M.S. Ganjar pun diberikan sorban berwarna merah oleh KH Fadlil Munawwar.

Keduanya pun sempat berbincang di dalam rumah KH Fadlil Munawwar. Barulah, Ganjar berjalan ke Aula Pondok Pesantren Darussalam Ciamis untuk berdiskusi dan berbincang dengan keluarga besar. 

 

Menurut Ganjar, dirinya banyak mendapatkan aspirasi dan masukan terkait Pondok Pesantren Darussalam Ciamis yang menginginkan agar institusi bisa menjadi universitas. 

Saat ini, Pondok Pesantren Darussalam Ciamis sudah Institut Agama Islam Darussalam (IAID) yang merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam dengan menggabungkan pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan.

“Tadi ada masukan agar institutnya bisa menjadi Universitas karena sudah satu tahun lebih belum selesai dan kami akan coba bantu komunikasi dengan Gusmen (Menteri Agama) insyallah lancar,” ujar Ganjar usai silahturahim bersama dengan keluarga besar Ponpes Darussalam Ciamis.

Ganjar pun memuji Ponpes Darussalam Ciamis karena menjadi salah satu lembaga pendidikan yang lengkap. Karena itulah dia berbicara pentingnya pendidikan vokasi bagi santri Ponpes Darussalam Ciamis bisa semakin berkembang dengan mempunyai keterampilan hidup.

“Umpama pendidikan vokasi di tingkat sekolah, santri-santri agar mereka punya keterampilan hidup kedua kolaborasi produk,”ungkap Ganjar.

“Jadi biasanya santri-santri punya satu produk di sekolahan bisa dikolaborasikan dengan perusahaan dan sebagainya, maka proses ini bisa membikin anak-anak kita berkualitas pengetahuan anak-anak cukup tinggi termasuk memahmi digital ya,” kata dia menambahkan. 

Dia pun optimistis jika kolaborasi antara pesantren dengan pemerintah berjalan terus maka hasilnya akan menjadikan santri-santri berkualitas.

“Saya kira kolaborasi antara yang punya pesantren dengan pemerintah jadi satu untuk menyiapkan anak-anak diterima di masyarakat menjadi sebuah kewajiban,” ucapnya.

Sementara, Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Prof Dr KH Fadlil Munawwar Manshur, menilai Ganjar Pranowo adalah sosok yang  peduli dengan pondok pesantren. “Kemudian kedua beliau juga memperhatikan pesantren dan cukup besar,” katanya.

Dia pun mendoakan agar Ganjar selalu diberikan kesehatan, serta keinginannya bisa segera terwujud. “Harapannya semoga berjalan baik, tokoh-tokoh nasional semua dalam lindungan Allah, sehat walafiat. Aamiin,” kata KH Fadlil Munawwar Manshur.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement