Ahad 08 Oct 2023 20:42 WIB

Ganjaran Buruh Berjuang Kian Optimistis Usai Lihat Antusiasme Masyarakat Gunungjati

Kehadiran GBB di Gunungjati pun menjadi angin segar bagi nelayan.

Karnaval Budaya Cirebonan dari GBB dan masyarakat Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Dok. Gbb
Karnaval Budaya Cirebonan dari GBB dan masyarakat Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN CIREBON -- Ketua DPD Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) Cirebon Raya Bong Whisnu Sentosa, meyakini Capres 2024 yang diusung yaitu Ganjar Pranowo meraih 95 persen suara di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Hal itu disampaikan berdasarkan tingginya animo masyarakat dalam mengikuti kegiatan GBB yang dihelat di Cirebon Raya. Salah satunya kegiatan Karnaval Budaya Cirebonan dari GBB dan masyarakat Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon. 

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, ribuan warga tumpah ruah mengikuti pawai karnaval kesenian dan kebudayaan Cirebon dari GBB dengan kolaborasi bersama masyarakat Kecamatan Gunungjati.

"Harapannya tadi kami briefing bareng dengan teman-teman di sini dengan teamwork yang kami bangun, besok kami 14 Februari di Gunungjati ini 95 persen memilih Pak Ganjar semua," ujar Whisnu di Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati.

Whisnu menambahkan, pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan kerelawanan yang sangat bermanfaat untuk para buruh dan juga masyarakat Cirebon.

Dari sejumlah rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan membawa gagasan-gagasan Ganjar Pranowo, Whisnu menilai antusias yang ditunjukkan dengan kehadiran GBB selalu tinggi. Dia pun meyakini pemilih Ganjar akan mendominasi saat Pilpres 2024.

"Kami bukan hanya hadir pada momen ini, sebelumnya kami hadir dan bersama masyarakat sudah membangun teamwork untuk kemenangan Pak Ganjar sampai kemenangan di level TPS. Saya sangat percaya akan optimisme kita itu dan besok akan terealisasi," ungkap Whisnu.

Adapun kedatangan GBB ke Desa Mertasinga yang merupakan kampung buruh nelayan itu tidak hanya dalam rangka menyosialisasikan sosok Ganjar saja, tetapi juga menyerap dan menampung aspirasi nelayan secara langsung.

Salah satunya Andi Supriyadi (33 tahun), buruh nelayan yang juga anggota KUD Mina Waluya Bondet Mertasinga. Dia menuangkan aspirasinya ke GBB ihwal akses transportasi para nelayan.

Andi menyampaikan kehadiran pendukung Ganjar ke Gunungjati pun menjadi angin segar bagi nelayan yang mengharapkan pemimpin seperti Ganjar Pranowo, yang menyelesaikan masalah masyarakat dengan turun langsung ke lapangan.

Adapun seperti dinukil dari Antara, Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement