Ahad 01 Oct 2023 20:09 WIB

Bersama Komunitas Seni, Warga Kudus Antusias Ikuti Pameran Lukis Pena Mas Ganjar

Komunitas Lukis Jagur Art dan Komunitas Perupa Kudus memamerkan karyanya.

Pameran karya lukisan Komunitas Lukis Jagur Art dan Komunitas Perupa Kudus di Kudus, Jawa Tengah.
Foto: Dok. PMG
Pameran karya lukisan Komunitas Lukis Jagur Art dan Komunitas Perupa Kudus di Kudus, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN KUDUS -- Kelompok relawan rasi Alumni Muda dan Akademisi dari Undip, Unnes, dan UNS (Pena Mas) Dukung Ganjar, menyelenggarakan pameran lukis bersama seniman.

Koordinator Daerah Pena Mas Ganjar Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Nor Rahmat Sholichin mengatakan, pameran lukis diadakan untuk mengapresiasi sekaligus mewadahi para seniman se-Kabupaten Kudus.

Baca Juga

"Kegiatan hari ini pameran lukis sebuah apresiasi untuk para seniman-seniman lukis yang ada di daerah lokal, karena kurangnya perhatian dan kita mengapresiasi dan memberikan wadah untuk seniman dan Jagur Art," ujar Rahmat di Gedung PKU Desa Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, seperti dinukil pada Ahad (1/10/2023). 

Pada kesempatan itu, Pena Mas Ganjar turut menggandeng beberapa komunitas seniman yang ada di Kabupaten Kudus, yakni Komunitas Lukis Jagur Art dan Komunitas Perupa Kudus (PAKU). Karya-karya mereka juga ditampilkan untuk diberikan apresiasi. 

Rachmat menyampaikan, pameran lukis Pena Mas Ganjar itu merupakan wujud perhatian dan kepedulian terhadap karya-karya dari para seniman.

Oleh sebab itu, dengan adanya pameran tersebut diharapkan semakin banyak seniman baik pelukis, perupa dan lainnya dapat termotivasi untuk terus mengembangkan bakatnya, sehingga semakin banyak pihak yang mengapresiasi karya seniman.

"Ini pertama kali mereka diberikan panggung atau kesempatan untuk mengikuti acara seperti ini. Harapan saya dari acara ini banyak generasi-generasi anak muda yang mempunyai bakat di bidang seni, lukis atau dia punya keinginan melukis itu terwadahi dengan acara ini," kata Rachmat.

Rachmat menambahkan, dari beberapa kandidat Capres 2024, Ganjar Pranowo adalah sosok yang paling banyak memiliki rekam jejak kepeduliannya terhadap dunia seni.

Terbukti, saat tinggal di Rumah Dinas Puri Gedeh Semarang ketika menjalani tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah, begitu banyak lukisan-lukisan dari banyak seniman yang dipajang Ganjar di Puri Gedeh.

Hal itu, kata Rachmat, membuat banyak pelaku seni, khususnya di Kabupates Kudus mengapresiasi Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 yang perhatian terhadap karya seni.

"Memang yang paling terlihat atau tampak untuk menghargai seni itu ya Pak Ganjar. Terbukti dari ketika masih menjadi Gubernur Jawa Tengah, Puri Gedeh sebagai rumah dinas beliau itu banyak lukisan-lukisan dari para seniman," ungkap Rachmat.

"Entah itu seniman lokal, seniman tradisional atau seniman tersohor, Pak Ganjar tidak memandang siapa seniman itu, tapi beliau memandang hasil karyanya," lanjutnya.

Lebih lanjut Azkiya Najmal Falah, salah satu pelajar pelukis yang mengikuti kegiatan Pena Mas Ganjar dari SMK NU Al-Hidayah Kudus, mengaku senang dapat melukis bersama Pena Mas Ganjar.

Dia menyebut, ketertarikan dan bakat melukisnya semakin terasah dengan adanya kegiatan itu. Dia pun menggambar wajah Ganjar Pranowo dan anaknya Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

"Menurut saya kegiatan ini sangat menyenangkan karena bisa mengasah bakat dan kreativitas. Harapan saya kegiatan ini dapat berkelanjutan agar saya dan para pelajar dapat mengikuti kegiatan, sehingga dapat mengasah bakat dan kreativitas," ucap Azkiya.

Bukan pertama kali ini kelompok relawan serupa menggandeng masyarakat Jateng. Sebelumnya, Pena Mas menggelar diskusi bersama orang tua siswa tentang pentingnya pendidikan bagi anak serta sosialisasi beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) bertema "Ngobrol Bareng Wali Murid" di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Minggu.

“Pena Mas Ganjar hari ini menyambangi Kabupaten Tegal untuk mengobrol bersama wali murid guna menyosialisasikan masyarakat bahwa pendidikan sangat penting bagi anak-anak," kata Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar Reza Abdurrakhman, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement