Ahad 01 Oct 2023 18:20 WIB

Gus Ipul Ungkap Faktor Buat Warga NU Pilih Erick Thohir Jadi Cawapres

Sekjen PBNU Gus Ipul sebut faktor yang buat warga NU pilih Erick Thohir jadi cawapres

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Sekjen PBNU Gus Ipul sebut faktor yang buat warga NU pilih Erick Thohir jadi cawapres
Foto: Dok PNM
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Sekjen PBNU Gus Ipul sebut faktor yang buat warga NU pilih Erick Thohir jadi cawapres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf mengatakan hasil survei Indikator Politik Indonesia sangat menarik. Pasalnya, terdapat nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menduduki posisi teratas sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang paling banyak didukung warga NU.

"Saya pikir ini menarik, ada Pak Erick dan Bu Khofifah yang cukup diperhitungkan oleh pemilih Jatim. Dua-duanya hebat dan punya prestasi," ujar Gus Ipul saat menanggapi hasil survei bertajuk "Signifikansi NU dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Jawa Timur" pada Ahad (1/10/2023).

Baca Juga

Gus Ipul mengaku tak heran jika banyak warga NU yang senang dan mendukung Erick. Pasalnya, lanjut Gus Ipul, warga NU merasa Erick cukup dekat dengan mereka dan telah banyak membantu warga NU, baik dalam pendidikan hingga ekonomi umat. 

"Pak Erick jadi istimewa sekali dan bisa diterima dengan baik karena memang di samping rajin menyempatkan diri silaturahmi ke kiai-kiai, beliau jadi Ketum PSSI dan ada kebijakan-kebijakan di BUMN yang banyak kerja sama dengan ponpes," ucap Gus Ipul.

 

Gus Ipul juga mengapresiasi keberhasilan Khofifah dalam memimpin Jawa Timur. Namun, menurut Gus Ipul, banyak pendukung Khofifah yang masih menginginkan dirinya untuk tetap menjadi Gubernur Jatim.

"Untuk Bu Khofifah mungkin sebagian menginginkan tetap di Jatim. Untuk urusan pilpres, pendukungnya tidak semua solid merelakannya berangkat ke Jakarta karena masih dibutuhkan di Jatim," kata Gus Ipul.

Hasil survei yang digelar Indikator Politik Indonesia pada 14-20 September 2023, Erick Thohir menempati posisi teratas dalam simulasi 19 nama cawapres dengan 17,2 persen. Di bawah Erick, ada nama Khofifah Indar Parawansa dengan 15,1 persen dan Mahfud MD dengan 11,5 persen.

Dalam simulasi lima nama cawapres, Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick meraih 24,7 persen atau unggul atas Khofifah dengan 24,4 persen. 

Dalam simulasi sembilan nama dan enam nama sebagai cawapres yang lebih didukung Jokowi, Erick meraih 19,9 persen dan 24,7 persen atau unggul cukup jauh dari Khofifah yang berada di peringkat kedua dengan 16,7 persen dan 18 persen. 

Burhanuddin menyampaikan mayoritas warga NU menyebut Erick sebagai figur paling pantas mendampingi Capres Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Dalam simulasi sepuluh nama cawapres Ganjar, Erick berada di peringkat teratas dengan 20,1 persen atau unggul dari Khofifah dengan 18,5 persen, dan Ridwan Kamil sebesar 13,5 persen.

"Simulasi sama untuk cawapres Prabowo, lagi-lagi, Erick juga meraih suara terbanyak dengan 22,7 persen, unggul dari Khofifah dengan 20,6 persen dan Gibran dengan 9,7 persen," kata Burhanuddin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement