Jumat 29 Sep 2023 21:32 WIB

Sempat Kosong, Blangko KTP di Sukabumi Dipastikan Tersedia

Pemda Sukabumi upayakan ketersediaan blanko KTP.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Petugas menyiapkan blanko KTP-el.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas menyiapkan blanko KTP-el.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Blangko KTP elektronik (KTP-el) di Kota Sukabumi dipastikan tersedia. Setelah sebelumnya ketersediaan blangko dari pemerintah pusat mengalami kekosongan.

'' Sebenarnya, blangko selalu ada karena mengusulkan sebelum habis,'' ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi Kardina Karsoedi, Jumat (29/9/2023). Pasokan blangko KTP elektronik ini hanya tidak banyak.

Baca Juga

Kardina menuturkan, kebutuhan untuk blangko KTP di Sukabumi sebanyak 200 per hari. Sehingga ada prioritas untuk KTP-el sia 17 tahun wajib KTP.

Selain itu kata Kardina, prioritas bagi warga yang KTP nya hilang. Namun tetap memberikan layanan kepada warga.

Di sisi lain, Disdukcapil Kota Sukabumi terus menggencarkan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD). Hal ini untuk mendorong warga memiliki KTP digital.

''Hingga kini capaian IKD 3,4 persen atau 8.000 orang,'' ujar Kardina. Targetnya, capaian IKD atau biasa disebut KTP digital ini bisa terus meningkat.

Kardina mengatakan, sekarang aktivasinya bisa melalui iOS. Sebelumnya IKD hanya dapat diunduh melalui Play Store milik Android.

Pasalnya, Kemendagri telah bekerja sama dengan pihak Apple untuk mengadakan aplikasi IKD pada iOS versi 11.0 atau lebih. Harapannya hal tersebut bisa menambah jumlah warga yang aktivasi IKD.

Kardina mengakui, dalam proses aktivasi IKD ini terdapat sejumlah kendala. Salah satunya banyak warga yang minta diaktivasi, tapi handphone Android yang dimilikinya kurang mendukung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement