Selasa 26 Sep 2023 13:19 WIB

Kaesang Ketum PSI, Waketum Gerindra: Speechless, Anak Muda Mau Terjun ke Politik

Koalisi pendukng Prabowo sambut terpilihnya Kaesang jadi ketum PSI

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menanggapi gugatan usia maksimal capres dan dukungan Budiman Sudjatmiko kepada Prabowo Subianto, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/8/2023).
Foto: undefined
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menanggapi gugatan usia maksimal capres dan dukungan Budiman Sudjatmiko kepada Prabowo Subianto, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, terjun ke politik dengan jadi Ketua Umum PSI. Langkah ini mendapat sambutan cukup hangat politisi dari partai-partai yang ada di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengucapkan selamat ke Kaesang yang terpilih menjadi Ketua Umum PSI. Ia merasa, langkah anak muda seperti Kaesang yang menjadi motor bagi politik membuatnya kagum.

Baca Juga

"Pokoknya keren, pokoknya sampai saya speechless, anak muda mau terjun ke politik dan mau menjadi ketua umum partai politik. Mantap Bro Kaesang, semoga sukses," kata Habiburokhman, Selasa (26/9).

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay menilai, keputusan Kaesang yang terjun ke politik melalui PSI harus dihormati. Sebab, Kaesang merupakan warga negara yang berhak terafiliasi dengan partai politik manapun.

Terkait pilihannya ke PSI, bukan ke PDIP atau partai lain, merupakan hak yang dijamin sebagai bagian dari kebebasan berdemokrasi. Karenanya, Saleh meminta semua pihak menghormati keputusan dari Kaesang tersebut.

Ia merasa, siapapun elite-elite parpol tidak bisa memaksakan seseorang untuk menjadi kader partai mereka. Karenanya, Kaesang sebagai warga negara tidak bisa didikte untuk memilih partai mana dia berlabuh.

"Bukan karena dia anaknya presiden, tapi karena warga negara. Jadi, warga negara itu berhak mengambil sikap politiknya terkait pilihan-pilihan yang ada," ujar Saleh.

Sebelum itu, Partai Demokrat malah sudah menyatakan terbuka jika Kaesang ingin bergabung, setidaknya sejak awal 2023. Sikap yang sama ditunjukkan Partai Golkar saat Kaesang ramai dibicarakan di bursa Pilwalkot Depok.

Langkah Kaesang yang menerima pinangan menjadi Ketua Umum PSI turut menambah deretan anak Presiden RI yang jadi ketua umum parpol. Dimulai dari putri Presiden Soekarno, Megawati, yang menjadi Ketua Umum PDIP.

Setelah itu, ada putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono, yang jadi Ketua Umum Partai Demokrat. Lalu, putra Presiden Soeharto, Tommy, yang sempat jadi Ketua Umum Partai Berkarya.

Ada pula putri Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, yang jadi Ketua Umum Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB). Kaesang menyusul kakaknya Gibran dan iparnya Bobby yang sudah terjun lebih dulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement