Jumat 22 Sep 2023 15:35 WIB

Puluhan Petani di Musi Banyuasin Manfaatkan Bibit Sawit Unggul dari Relawan Ganjar

Penggunaan benih unggul menaikkan jumlah produksi.

Pemberian bantuan bibit sawit di di Desa Jirak, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan.
Foto: Dok. Web
Pemberian bantuan bibit sawit di di Desa Jirak, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MUSI BANYUASIN - Pemberian bantuan bibit sawit unggul dari relawan Wong Kito Dewe pada menjadi bermanfaat bagi warga di Desa Jirak, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan.

Hal ini karena jenis bibit yang diberikan merupakan jenis sriwijaya yang merupakan kualitas unggul dan telah teruji bisa menghasilkan panen yang lebih berkualitas. Keunggulan bibit sriwijaya bahkan telah teruji dalam penelitian. 

Baca Juga

Seperti dilansir dari kantor berita Antara, Jumat (22/9/2023), jika menggunakan benih bersertifikasi, petani bisa memproduksi hingga 20 ton TBS/Ha/tahun, bahkan mencapai 30 ton TBS/hektare/tahun bahkan 35 ton TBS/Ha/tahun jika melakukan pemeliharaa intensif.

Dinas Perkebunan Provinsi Sumatra Selatan sudah mendata terdapat 43 produsen benih tanaman perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 11 kabupaten/kota Sumsel.

Ke-11 daerah itu, Kota Palembang (1 produsen), Kabupaten Banyuasin (16 produsen), Kabupaten Musi Banyuasin (5 produsen), Kabupaten Musi Rawas (4 produsen), Kota Lubuk Linggau (3 produsen).

Kemudian, Kabupaten Musi Rawas Utara (1 produsen), Kabupaten Lahat (1 produsen), Kabupaten Muara Enim (2 produsen), Kota Prabumulih (1 produsen), Kabupaten Ogan Komering Ilir (7 produsen) dan Kabupaten Ogan Ilir (2 Produsen).

Salah satu warga Desa Jirak, Musardani berterima kasih pada relawan pendukung Ganjar Pranowo ini. Bantuan bibit tersebut, disebutnya memotivasi dirinya untuk mulai menanam sawit.

Hal ini karena relawan juga membekali warga di sana dengan pelatihan bagaimana cara melakukan pembibitan sawit yang baik. Mulai dari penempatan bibit, jarak antar bibit, hingga metode pemupukan. 

"Sangat bermanfaat, sangat bagus sekali. Kami nambah ilmu, jadi bisa cara tanam, cara pupuk. Sangat bermanfaat. Sangat ada inspirasi. Kami jadi tertarik untuk menanam bibit sawit," kata Musardani, seperti dinukil pada Jumat (22/9/2023). 

Musardani yang sebelumnya aktif menjadi petani karet ini, berharap bisa menambah pendapatannya jika turut menanami sawit. Terlebih dengan bibit unggul sriwijaya, hasil panen nantinya bisa lebih berkualitas. 

"Kami sangat mengharapkan bantuan bibit unggul ini. Karena dengan bibit ini mungkin kami bisa menambah pendapatan, pemasukan," katanya. 

Dia pun berharap agar relawan Wong Kito Dewe bisa terus mendampinginya dalam proses menanam sawit hingga panen. Termasuk dengan pemberian bantuan lainnya, seperti pupuk. 

"Kami berharap untuk relawan Wong Kito Dewe, memberikan bantuan pupuk, bibit, atau bantuan pembukaan lahan untuk kami petani karet ini," ujar Musardani. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement