Senin 18 Sep 2023 19:22 WIB

Politikus PDIP Mengaku tak Terkejut Demokrat Gabung Koalisi Pengusung Prabowo

Charles mengingat di dua pilpres sebelumnya, Demokrat selalu mendukung Prabowo.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Charles Honoris
Foto: ANTARA
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Charles Honoris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Politikus PDI Perjuangan Charles Honoris menilai bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak mengejutkan. Demokrat bergabung dengan KIM yang mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden 2024.

"Bergabungnya Partai Demokrat ke koalisi (pendukung) Prabowo adalah hal yang tidak mengejutkan sama sekali. Sebab, dalam dua pilpres sebelumnya (2014 dan 2019), Partai Demokrat juga selalu mendukung Prabowo," kata Charles dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (18/9/2023).

Baca Juga

Charles mengatakan, bergabungnya Partai Demokrat di barisan partai KIM membuat koalisi tersebut menjadi besar. Menurut Charles, hal itu mengingatkannya pada koalisi pendukung Prabowo pada Pilpres 2014.

"Saat itu, Prabowo didukung koalisi besar atau gemuk dan Jokowi didukung koalisi kecil atau kurus; dan pada akhirnya sejarah mencatat yang kurus yang didukung rakyatlah yang menang," kata Charles.

Dia juga mengakui bahwa rakyat menjadi pemegang kekuasaan tertinggi dalam menentukan presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. Menurut Charles, PDI Perjuangan selalu dekat dan menyatu dengan rakyat, sehingga dia mengaku partainya tidak khawatir dengan dinamika politik yang terjadi. "Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," imbuhnya.

Charles juga merasa yakin bahwa rakyat akan memilih bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. Menurut dia, Ganjar memiliki pengalaman kepemimpinan yang telah teruji selama menjadi kepala daerah di Jawa Tengah. "Sebagaimana rakyat juga dulu pada (Pilpres) 2014 memilih Jokowi dengan alasan serupa," katanya.

Selama mengusung calon pemimpin yang berasal dari rakyat, lPDI Perjuangan tidak gentar dengan gabungan kekuatan partai politik besar. Menurutnya, PDI Perjuangan menjadikan rakyat sebagai inti perjuangan. Charles mengutip perkataan Presiden pertama RI Soekarno bahwa kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan yang Maha Esa.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyampaikan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dengan didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan dukungan itu secara langsung kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (17/9/2023).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement