Kamis 14 Sep 2023 18:36 WIB

Akmil Magelang Raih Peringkat Akreditasi Unggul

Akmil berkomitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Sejumlah Taruna Akademi TNI Akmil, AAU dan AAL melakukan kirab drumband Akademi TNI di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (21/8/2022). Kirab tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan  HUT ke-77 Kemerdekaan RI.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Sejumlah Taruna Akademi TNI Akmil, AAU dan AAL melakukan kirab drumband Akademi TNI di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (21/8/2022). Kirab tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

REPUBLIKA.CO.ID,  MAGELANG -- Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah meraih peringkat akreditasi unggul berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN PT No. 439/SK/BAN PT/Ak.KP/PT/VI/2023 tanggal 27 Juni 2023.

Anggota Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Agus Setyo Muntohar di Magelang, Kamis, mengatakan bahwa Akmil telah terintegrasi dengan pendidikan tinggi sejak dikeluarkan Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor 245/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010.

Baca Juga

Ia menyampaikan hal tersebut dalam Sosialisasi Badan Akreditasi Perguruan Tinggi TA 2023 di Akademi Militer.

Akademi ini memiliki lima program studi, yaitu Manajemen Pertahanan, Administrasi Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, dan Teknik Sipil Pertahanan.

Selain itu, katanya, Akmil mengikuti regulasi dari BAN PT dan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Tri Pola Dasar yang terimplementasi dalam kurikulum pendidikan.

Prestasi tersebut menjadi kebanggaan bagi seluruh civitas akademika Akmil dan merupakan bukti bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik, terukur, bahkan melebihi Standar Nasional Pendidikan Tinggi sehingga memperoleh peringkat unggul dari Penjamin Mutu Eksternal, yaitu BAN PT.

Menurut dia, program-program studi di Akmil telah lolos dalam perhitungan Pemantauan Dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) oleh BAN PT. Hal ini merupakan hasil kerja keras lembaga penjamin mutu yang telah melaksanakan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) dengan benar dan terukur, didukung oleh para kepala progran studi yang memberikan data dukung serta selalu bekerja sama dalam mematuhi standar yang ditetapkan.

Dengan demikian, Akmil berkomitmen untuk mempertahankan peringkat akreditasi unggul ini dan mendorong program-program studi yang telah lolos untuk mencapai peringkat yang sama melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK) prodi.

Hal ini menjadi langkah penting dalam menjadikan Akmil sebagai "Center of Excellence" dan "World Class Military Academy". 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement