Kamis 14 Sep 2023 10:59 WIB

Beragam Pujian Jurnalis Asing Media Center KTT ASEAN: Pelayanan Terbaik, Internet Kencang

Jurnalis asing bisa mendapat berbagai informasi KTT ke-43 ASEAN di Media Center

Jurnalis media asing mengaku puas dengan pelayanan di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
Foto: Kemenkominfo
Jurnalis media asing mengaku puas dengan pelayanan di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jurnalis media asing mengaku puas dengan pelayanan di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Kouch Vengsrun misalnya, yang tidak menyangka fasilitas Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) sangat lengkap dan di luar dari yang ia bayangkan.

Bahkan, jurnalis asal Kamboja ini merasa media dan para jurnalis begitu diistimewakan dengan berbagai pelayanan. Segala kebutuhan dan informasi di media center bisa mereka dapatkan.

Vengsrus bertugas menyampaikan berita seputar forum negara Kawasan Asia Tenggara itu ke negaranya.

“Fasilitasnya sangat bagus, semua tertata baik. Saya sangat mengapresiasinya. Media Center (KTT ke-43 ASEAN) ini sangat nyaman dan semua yang ada di sini sangat ramah pada kami,” ujar Kouch saat ditemui pada Kamis (7/9/2023).

Selain merasa dimanjakan oleh berbagai fasilitas, Kouch juga mengapresiasi kecepatan internet melalui WiFi dan LAN yang disiapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Dia merasa sangat terbantu oleh fasilitas komputer dan sambungan internet cepat di Media Center dan sekitar lokasi acara selama rangkaian acara KTT ke-43 ASEAN, “Semua bagus,” katanya. 

Soal makanan, menurut Kouch, juga mengesankan. Ia mengaku sangat menikmati berbagai hidangan yang disajikan nonstop, untuk menopang kinerja awak media. Menurut dia, rasa makanan di Media Center cocok dengan lidahnya.

“Saya suka semua makanannya, rasanya mirip-mirip dengan makanan di Kamboja juga. Saya sangat menikmati,” katanya.

Internet Cepat, Mantap

Layanan internet  Media Center KTT ke-43 ASEAN, juga mendapat apresiasi dari jurnalis Vietnam dan Brunei Darussalam.

Jurnalis Radio Televisi Brunei dari Brune Darussalam, Hamdi mengaku kecepatan internet di Media Center KTT ASEAN sudah memadai. "Internet di Media Center sangat cepat dan cukup membantu pekerjaan kami," katanya.

Selain internet, Hamdi menyebutkan bahwa para petugas juga sangat membantu dengan pelayanan dan keramahannya. "Kami berterima kasih dengan para petugas di Media Center sehingga kami bisa bekerja dengan baik," katanya.

Jurnalis dari Vietnam News Agency (VNA), Nguyen, pun menyampaikan hal senada. Menurut Nguyen, internet di Media Center KTT ASEAN sudah cukup cepat. "Media Center di KTT ke-43 ASEAN ini sangat luas. Kami jadi nyaman bekerja," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong, menyatakan bahwa Media Center KTT ke-43 ASEAN beroperasi selama seminggu, mulai 2 hingga 8 September 2023. 

Daya tampung area ini mencapai 2.500 orang. Kapasitas ruangan Media Center menyesuaikan jumlah jurnalis terdaftar sebanyak 1.300 orang, dengan tambahan official media yang mengikuti delegasi KTT Ke-43 ASEAN.

Kominfo menghadirkan serangkaian fasilitas lengkap yang beroperasi selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan peliputan rekan-rekan media. “Bagi rekan awak media yang sudah mendaftar serta melakukan registrasi, dapat mengambil ID badge masing-masing di Media Center,” ujar Usman.

Selain media center, Kemenkominfo juga menyiapkan 240 workstation komputer LAN yang didukung jaringan internet berkecepatan 1,5 Gbps dari Telkom. Terdapat pula pusat distribusi siaran internasional khusus, 10 stan media partner booth kantor berukuran 5 x 3 meter, serta stan audio video editing.

Media Center dilengkapi studio one-on-one, konversi siaran multi-format, ruang media briefing, ruang konferensi pers berkapasitas 300 orang dengan lima penerjemah, dua unit stand-up position dan webcast/live streaming, media lounge, ruang darurat medis, serta fasilitas penyimpanan.

Media center Kemenkominfo juga menyiapkan rilis dwibahasa, foto, paket video dalam dua bahasa, siaran clean feed, buletin, press briefing, dan pedoman teknis jurnalis. “Kami menyediakan meja publikasi dan distribusi, pojok fotokopi dan alat tulis, beberapa monitor TV, dan beberapa lot untuk SNG,” tutur Usman.

Untuk mencapai Media Center KTT ke-43 ASEAN, awak media bisa menggunakan shuttle bus yang berkeliling dari hotel dan halte kendaraan umum di sekitar JCC.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement