Rabu 13 Sep 2023 11:35 WIB

Prabowo dan Ganjar Berhalangan Hadir, BEM UI Batal Gelar Debat Capres Besok

Hanya Anies Baswedan yang mengonfirmasi kehadiran dalam adu gagasan di BEM UI.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agus raharjo
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan).
Foto: Ap/Adek Berry, Republika/Thody Badai
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK–Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) mengatakan dua dari tiga bakal calon presiden (capres) berhalangan hadir untuk mengikuti debat yang seharusnya digelar, Kamis (14/9/2023) besok. Debat capres akan diundur dan batal digelar sesuai hari yang ditentukan.

"Kami menemukan bahwa hanya terdapat satu dari tiga bakal calon presiden yang dapat hadir. Tim pemenangan Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa Ganjar akan menjalankan ibadah umroh dari tanggal 10 sampai 16 September 2023 sehingga berhalangan hadir. Di sisi lain, Prabowo Subianto pun dikatakan berhalangan karena harus menghadiri tugas kenegaraan di luar negeri," tulis BEM UI dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga

Hanya bakal capres Anies Baswedan yang mengkonfirmasi bisa hadir, sehingga gelaran itu harus diundur. "Menyikapi hal tersebut, untuk menjaga netralitas kompetisi politik dan menjaga esensi dari penyelenggaraan kegiatan ini, kami memutuskan untuk menunda kegiatan adu gagasan Bakal Calon Presiden 2024," kata BEM UI.

BEM UI menyebut sedang membuka ruang komunikasi dengan para bakal calon presiden untuk mencari waktu yang tepat sehingga memungkinkan ketiganya hadir. Mereka menargetkan agenda ini akan digelar selambat-lambatnya pada akhir September 2023.

 

"Kami akan segera..."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement