Rabu 13 Sep 2023 06:45 WIB

Ketua Bawaslu Tegaskan Video Ganjar Saat Adzan di TV Bukan Pelanggaran Kampanye

Bawaslu hanya beri catatan video adzan Ganjar karena belum masuk masa kampanye.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).
Foto:

Sebelumnya, Bawaslu RI melakukan kajian atas munculnya capres PDIP, Ganjar Pranowo, di tayangan azan televisi swasta. Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja mengatakan, kajian yang dilakukan Bawaslu terkait itu sudah dilakukan sejak Sabtu (9/9/2023).

Kajian dilakukan sejak ditemukan adanya dugaan pelanggaran. Tepatnya, saat tayangan azan mulai ditayangkan grup televisi swasta terkait yang berisikan Ganjar yang merupakan bacapres PDIP.

Ganjar Pranowo diketahui muncul dalam tayangan adzan di televisi swasta milik Hary Tanoesoedibjo. Adapun Hary Tanoe merupakan ketua umum DPP Perindo yang merupakan salah satu partai nonparlemen pendukung Ganjar.

Tayangan adzan berisi sosok capres itu menuai pro dan kontra. Ada yang membolehkan, ada yang mencibir, ada yang membela dan ada pula yang menyayangkan karena merasa itu merupakan bagian dari politik identitas.

Dalam tayangan, Ganjar tampak menyambut jamaah yang datang. Memakai koko putih, sarung bermotif batik dan peci hitam, Ganjar diperlihatkan mengambil wudhu sampai menjadi salah satu jamaah di belakang imam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement