Senin 11 Sep 2023 22:50 WIB

Relawan Kowarteg Ganjar Ajak Warga Tangsel Raih Manfaat Kesehatan dari Olahraga Senam

Manfaat yang paling utama dari olahraga senam adalah aset masa tua.

Senam senam aerobik .
Foto: Dok. Web
Senam senam aerobik .

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia menggelar kegiatan senam aerobik yang menggembirakan bagi warga Tangerang Selatan. Acara ini bukan hanya tentang kebugaran fisik, tetapi juga mempromosikan gaya hidup sehat yang terjalin dalam gerakan tubuh yang teratur, senyuman ceria, dan semangat luar biasa.

Instruktur aerobik, Diny menjelaskan beberapa manfaat dari senam aerobik. Selain menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina, senam aerobik juga dapat membantu menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan pola makan sehat. Diny juga memberikan arahan diet yang benar kepada peserta untuk menjaga berat badan mereka tetap stabil, yang pada gilirannya akan menjaga kesehatan mereka.

Baca Juga

"Selain untuk menjaga kesehatan, menambah stamina. Senam ini juga bisa menurunkan berat badan, tetapi didukung dengan pola yang sehat juga atau diet yang sehat," kata Diny dari Sanggar Senam Bugar Ira, Jakarta Selatan, setelah menjadi  instruktur senam di Kel. Pondok Karya, Kec. Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, seperti dinukil pada Senin (11/9/2023). 

Menurut Diny, manfaat yang paling utama dari olahraga senam adalah aset masa tua. Jika berolahraga rutin sejak muda dan menjaga pola makan, kata Diny, ketika sudah tua akan terlihat lebih segar dan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berolahraga. 

Diny mengungkapkan, senam aerobik sebaiknya dilakukan satu hingga tiga kali dalam seminggu. Untuk durasi waktunya diseusaikan dengan kemampuan setiap orang.

Olahraga seperti ini, yang dilakukan bersama-sama dengan ibu-ibu setelah sehari penuh aktivitas, menjadi waktunya untuk merasa bahagia dan memanjakan tubuh. 

"Durasi olahraga diseusaikan dengan usia, semampunya aja," ucapnya. 

Selain itu, Diny memaparkan salah satu cara bersyukur kepada tubuh manusia adalah dengan menjaga kesehatan melalui senam aerobik dan pola makan yang sehat. Bagi lansia, rajin berolahraga juga merupakan kunci untuk menjaga kualitas hidup yang baik.

"Salah satu cara untuk bersyukur kepada badan kita adalah dengan menjaga kesehatan dan pola makan," kata dia. 

Sementara Sekretaris Kowarteg Indonesia, Seno Herlangga menjelaskan bahwa senam aerobik tidak hanya tentang aktivitas fisik, tetapi juga tentang mengedukasi tentang gaya hidup sehat.

Seno mengatakan, Ganjar Pranowo telah memberikan teladan tentang pentingnya gaya hidup sehat melalui olahraga. 

Kowarteg Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, termasuk olahraga senam aerobik. 

Sebelumnya, kelompok serupa mengadakan senam bersama bertajuk 'Bugar Ceria' di Hutan Kota Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan (Jaksel), DKI Jakarta. Senam bersama ini menuai antusiasme luar biasa. Sekitar 500 ibu-ibu dari berbagai daerah di Jaksel ikut hadir dalam kegiatan ini. 

Koordinator Daerah Kowarteg Jakarta, Mochammad Hasanudin menyebut kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para ibu-ibu kembali bugar dan sehat dengan senam bersama. 

"Bugar ceria ini merupakan wadah untuk ajang silaturahmi warga. Mudah-mudahan dengan diadakannya bugar ceria ini, kami bisa lebih dikenal masyarakat, dan mereka jadi bugar dan sehat kembali," ujar Hasanudin, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement