Kamis 07 Sep 2023 23:38 WIB

Komitmen Cegah Polusi, Perusahaan Tambang Dukung Program Net Zero

Perusahaan tambang berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, (kedua dari kanan) menyerahkan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Emas kepada tim KIDECO
Foto: dok web
Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, (kedua dari kanan) menyerahkan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Emas kepada tim KIDECO

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan harus memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar. Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, Mohammad Kurnia Ariawan, mengatakan perusahaan tambang harus memberikan dampak positif terhadap kelestarian lingkungan di sekitar lokasi tambang, dan juga harus bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat di sekitar. 

Dalam sambutannya di acara peringatan ulang tahun ke 41 Kideco yang digelar di Jakarta, Kamis (7/09/2023), Mohammad Kurnia Ariawan menjelaskan bahwa hal tersebut sudah dilakukan oleh Kideco selama empat dekade terakhir, dan dia berkomitmen perusahaan yang dipimpinnya akan terus melakukan hal yang sama. 

Baca Juga

"Selama empat dekade Kideco berkomitmen untuk terus berupaya memastikan kinerja dan kelangsungan perusahaan berjalan dengan baik, serta konsisten memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat, serta menjamin kelestarian lingkungan," ujarnya. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa Kideco yang memiliki visi “the most reliable and eco-friendly Indonesian energy provider for sustainable future," selalu menerapkan konsep dan program Environmental, Social and  Governance (ESG)  dalam bisnis proses operasionalnya. 

Selain itu Kideco juga berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi, pendidikan, kesehatan serta infrastruktur di wilayah sekitar lokasi tambang Kideco, di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, di bawah program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Komitmen tersebut menurut Mohammad Kurnia Ariawan, terbukti dari pencapaian Kideco yang berhasil mendapatkan dua kali Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas nasional berturut-turut, pada tahun 2019 dan 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain itu Kideco juga meraih peringkat Aditama untuk bidang lingkungan hidup pada ajang Good Mining Practice Award 2022 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta penghargaan Proper Emas dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Sebagai bagian dari anak perusahaan PT Indika Energy, Kideco berkomitmen penuh mendukung program pencapaian net zero emission 2050 dan mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam upaya untuk menurunkan gas emisi rumah kaca di tahun 2030," ujar Mohammad Kurnia Ariawan

Pada perayaan ulang tahun ke 41, Kideco memberikan bantuan kepada pesantren dan panti asuhan yang berada di Kabupaten Paser. Kideco juga memberikan bantuan sembako dan menggelar pengobatan gratis terhadap warga prasejahtera dan lansia yang ada di lima desa di Kabupaten Paser. 

Kideco juga mengadakan seminar kepada para orang tua untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK), serta pemberian bantuan berupa perlengkapan permainan edukasi dan tas sekolah di Yayasan Rahmatillah Tanah Grogot. Selain itu Kideco juga mengadakan lomba cerdas cermat “Kideco Edu Champion” yang diikuti oleh 123 siswa siswa dari 41 sekolah tingkat SMP-SMA se-Kabupaten Paser.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement