Ahad 03 Sep 2023 02:03 WIB

Transformasi Digital Permudah Layanan Kesehatan Masyarakat

Perseroan akan terus berinovasi dan bertransformasi di bidang kesehatan.

Biofarma Group menghasilkan berbagai inovasi produk digital healthcare agar memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan.
Foto: .
Biofarma Group menghasilkan berbagai inovasi produk digital healthcare agar memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transformasi digital dalam layanan kesehatan ditujukan untuk menyederhanakan dan mempermudah akses layanan kesehatan bagi masyarakat secara luas dengan tetap memperhatikan kualitas peningkatan taraf hidup. Pandemi Covid-19 mendorong hadirnya transformasi digital pada layanan kesehatan yang menjadi solusi pemerataan kesehatan di seluruh Indonesia.

Hal ini mendorong Biofarma Group untuk menghasilkan berbagai inovasi produk digital healthcare agar memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan. Produk-produk digital healthcare tersebut akan disampaikan pada ajang flagship event ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) yang akan digelar 5-6 September 2023 di Jakarta.

Sekretaris perusahaan Biofarma Group, Iwan Setiawan, mengatakan perseroan akan terus berinovasi dan bertransformasi di bidang kesehatan. Inovasi produk digital dinilainya memudahkan akses layanan kesehatan masyarakat.

“Sebagai Holding BUMN Industri Farmasi, Biofarma Group terus berkomitmen untuk bertransformasi. Salah satunya pada bidang transformasi digital," kata Iwan Setiawan dalam keterangannya di Jakarta.

Iwan menyampaikan produk kesehatan digital dapat memberikan layanan yang lebih efisien dan personal kepada pasien. Pasien juga dimungkinkan untuk mengakses informasi kesehatan, pengobatan, dan pemantauan diri dengan lebih mudah dan cepat.

Perseroan, ujarnya, terus berkembang dan melakukan berbagai inovasi digital. Bentuk digitalisasi yang dilakukan meliputi transformasi proses bisnis dalam perusahaan serta digitalisasi layanan untuk bisnis dan untuk masyarakat luas. "Kemudian lahirlah beberapa produk digital dari Biofarma Group di antaranya: Q100, Medbiz, Medtrack, dan Mediverse (bersama Medwell & Medevo)," ungkap Iwan.

Biofarma Group sebagai perusahaan manufaktur yang memproduksi produk Life Science selalu menciptakan produk-produk berkualitas demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dalam menciptakan produk berkualitas diperlukan elemen pendukung, salah satunya Q100+ Platform.

Q100+ Platform digunakan untuk membantu perusahaan menjamin kualitas produk. Dengan menerapkan aturan BPOM, WHO, dan badan regulasi lainnya serta dikembangkan dengan GAMP5 Guidance, Q100+ Platform diharapkan dapat menaikkan level compliance perusahaan.

Keberhasilan Biofarma Group menangani pandemi Covid-19, tidak terlepas dari proses distribusi vaksin yang cepat dan merata ke berbagai wilayah. Dalam hal ini perseroan menggunakan Medtrack. Medtrack merupakan sistem untuk memonitoring proses distribusi vaksin yang juga terintegrasi dengan kendaraan melalui Internet of Thing (IoT). 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement