Jumat 01 Sep 2023 21:04 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan Relawan Orang Muda Ganjar Tanam Bibit Alpukat di Kopel

Kegiatan digelar di Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

Edukasi mengenai cara penanaman bibit alpukat kepada warga Kopel di Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.
Foto: Dok. Web
Edukasi mengenai cara penanaman bibit alpukat kepada warga Kopel di Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TENGAH -- Kelompok relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Orang Muda Ganjar (OMG) kembali menebar kebaikan dan melakukan kegiatan bermanfaat kepada masyarakat luas khususnya di Lampung.

Kali ini, OMG melakukan edukasi mengenai cara penanaman bibit alpukat kepada warga Kopel di Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

Baca Juga

Koordinator Wilayah OMG, Riski Ramadhan, mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya ketahanan yang digeliatkan oleh relawan Orang Muda Ganjar dengan menyulap pekarangan rumah menjadi lahan hijau.

"Kami mengedukasi tersebut meliputi pemilihan bibit, menyediakan lubang, dan pemberian pupuk yang tepat," kata Riski dalam siaran persnya, Jumat (1/9/2023).

Dia menambahkan, selain edukasi sukarelawan Orang Muda Ganjar juga bagi-bagi bibit alpukat aligator kepada warga Kopel secara gratis.

Riski menjelaskan tujuan pembagian bibit alpukat itu agar masyarakat sekitar bisa menciptakan ketahanan pangan.

"Tujuan kami menciptakan ketahanan pangan ataupun penambahan pendapatan dari masyarakat di desa itu," tuturnya.

Menurut dia, pemilihan bibit alpukat itu karena buah tersebut mudah dibudidayakan serta digemari oleh banyak masyarakat luas.

"Mudah untuk ditanam meski memiliki lahan diperkarangan rumah dan banyak masyarakat yang menyukai alpukat," kata dia.

Lebih lanjut, Riski mengatakan kegiatan tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat sekitar. Hal itu dilihat dari warga yang menghadiri acara tersebut.

Banyak masyarakat memperhatikan pemaparan yang dilakukan relawan OMG cara membudidayakan pohon alpukat tersebut.

Selain itu, Riski juga tidak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 kepada masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

Bukan kali ini saja OMG menaruh perhatian terhadap lingkungan. Di Kalimantan Barat (Kalbar), relawan menanam 500 bibit mangrove di Jalan Ahmad Yani, Desa Pasir, Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalbar. Relawan menanam bibit tersebut bersama komunitas setempat.

Koordinator Wilayah OMG Kalbar Steper Vijaye menjelaskan, kegiatan bertema 'Learn From Nature' ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli para anak muda terhadap pelestarian alam. Khususnya terkait dengan ekosistem pantai seperti kehidupan tanaman mangrove.

"Ini program strategis orang muda Ganjar secara khusus di wilayah Kalimantan Barat untuk menjaga ekosistem pantai. Kegiatan ini bertujuan agar kita generasi-generasi muda, cinta kepada lingkungan, terus mengabarkan kegiatan-kegiatan positif untuk menjaga lingkungan ini," kata Vijaye, demikian dilansir dari Antara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement