Kamis 31 Aug 2023 19:31 WIB

UIN Ar-Raniry Instruksikan Dosen Hentikan Kuliah Jelang Adzan

Instruksi ini agar dosen dan mahasiswa shalat berjamaah di masjid dan mushala.

UIN Ar-Raniry, salah satu kampus negeri di Provinsi Aceh.
Foto: Uin.ar-raniry.ac.id/ca
UIN Ar-Raniry, salah satu kampus negeri di Provinsi Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman menginstruksikan seluruh sivitas akademika, termasuk dosen di kampus tersebut untuk menghentikan aktivitas saat adzan berkumandang.

"Dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk menghentikan aktivitas perkuliahan menjelang waktu pelaksanaan ibadah shalat fardhu dan melaksanakan shalat berjamaah di masjid atau mushala terdekat," kata Mujiburrahman di Banda Aceh, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga

Dalam Instruksi yang diterbitkan tersebut ia menjelaskan bahwa menjelang pelaksanaan shalat fardhu (wajib) perkuliahan dihentikan dan dosen serta mahasiswa diarahkan untuk shalat berjamaah di masjid dan mushala terdekat.

Dalam Instruksi Nomor: B-6612/Un.08/R/PP.00.9/08/2023 tanggal 21 Agustus 2023 disebutkan bahwa bagi pengurus BKM Fathun Qarib untuk mengumandangkan adzan tepat pada waktunya sesuai jadwal, sedangkan jarak adzan dan iqamah diberikan jeda selama 10-15 menit.

Kemudian pada poin ketiga, Rektor menegaskan bagi pengelola kantin untuk menutup dan tidak melayani mahasiswa, dosen selama proses shalat fardhu berlangsung.

Selanjutnya, Rektor menginstruksikan petugas Hisbah Ar-Raniry untuk dapat mengawasi dan mengimbau seluruh sivitas akademika untuk melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh atau mushalla terdekat.

Ketua Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tgk Saifuddin A Rasyid MLIS mengatakan instruksi rektor tersebut merupakan suatu kemajuan dalam upaya pembinaan kerohanian sivitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Instruksi ini patut mendapat respon yang baik dari institusi dan unit kerja di kampus ini. Kami sendiri di BKM Fathun Qarib siap sepenuhnya menjalankan instruksi ini," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement