Kamis 31 Aug 2023 15:49 WIB

Gerindra: Apakah Pantas Kami Tawari Ganjar Jadi Cawapres Prabowo?

Gerindra dan Koalisi Indonesia Maju sudah mendeklarasikan Prabowo sebagai capres.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Momen ketika Presiden Jokowi menunjuk dan mengacungkan jempol kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).
Foto: Dok. Tim Media Prabowo
Momen ketika Presiden Jokowi menunjuk dan mengacungkan jempol kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menanggapi momen unik ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Apresiasi tersebut ditunjukkan saat Jokowi mengacungkan jempolnya kepada dua bakal calon presiden (capres) tersebut.

Ditanya, apakah ada peluang untuk memasangkan Prabowo dengan Ganjar pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024? ia justru bertanya balik. "Dalam posisi menghormati PDI Perjuangan dan Ganjar, apakah sopan kalau kami menawari Pak Ganjar sebagai (calon) wakil presiden?" ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga

Di samping itu, Partai Gerindra dan Koalisi Indonesia Maju sudah mendeklarasikan Prabowo sebagai bakal capres. Sehingga, tak mungkin pihaknya menjadikan Menteri Pertahanan (Menhan) itu sebagai cawapres dari Ganjar.

"Apakah sopan? Kami menawarkan beliau (Ganjar) menjadi cawapresnya Pak Prabowo, apakah pantas? Sementara di sisi lain, Pak Prabowo sudah fix menjadi bacapres, kami tidak bisa di tawar," ujar Habiburokhman.

Saat ini, Koalisi Indonesia Maju belumlah membahas hal-hal yang berkaitan dengan cawapres Prabowo. Ia yakin, nama tersebut akan dibahas bersama ketua umum Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

"Jadi Prabowo tidak akan sewenang-wenang, seolah-olah dia yang sebagai user, dia yang akan menentukan, nggak. Pak Prabowo selalu menanyakan ke semua," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Momen unik terjadi ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023). Di tengah kerumunan warga, Jokowi memberikan kode apresiasi kepada dua kandidat capres yang mendampinginya itu. 

Awalnya Jokowi dan Prabowo yang sama-sama mengenakan baju putih, serta Ganjar yang dibalut batik hitam-putih disambut meriah oleh pedagang dan warga di pasar tersebut sekitar pukul 15.00 WIB. Jokowi dan Prabowo tampak menyalami warga yang mengerubungi mereka. 

"Pak Jokowi! Pak Prabowo!" teriak masyarakat sembari berebut menyalami keduanya, sebagaimana tampak dalam video yang diterima Republika dari tim media Prabowo. 

Di satu titik, tampak Ganjar tertawa lepas mendengar teriakan warga. Prabowo lantas memegang punggung calon rivalnya itu. Melihat kejadian tersebut, Jokowi spontan menunjuk Prabowo dan Ganjar berulang kali sembari tersenyum ke arah warga. Setelah itu, Jokowi mengacungkan jempolnya. 

photo
Peta koalisi setelah Golkar dan PAN deklarasi dukung Prabowo Subianto. - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement